5 Alasan Mengapa Pertikaian dalam Hubungan Dapat Menguatkan Cinta

Imelda Rahma29 Sep 2020, 15:20 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 15:20 WIB
Pasangan

Fimela.com, Jakarta Pertikaian dalam hubungan adalah hal yang wajar dan lumrah, namun seringkali beberapa pasagngan memilih untuk sebisa mungkin meniadakan hal tersebut. Alasannya mudah saja, pertikaian dianggap sebagai hal yang dapat memperburuk hubungan hingga mengarah pada keputusan untuk berpisah.

Pada saat bertengkar dengan pasangan, kamu dan dia sedang berada dalam keadaan emosi sehingga kemungkinan untuk berpisah semakin besar. Selain itu, pertikaian dalam hubungan bisa membuat jarak dan batas diantara kalian hingga komunikasi jadi terhambat dan jurang kesalahpahaman pun bisa mendalam. Maka dari itu, tidak heran jika banyak pasangan memilih untuk menghindari  konflik dan membuat semuanya terlihat baik-baik saja.

Namun, kamu perlu tahu bahwa pertikaian dalam hubungan ternyata dapat membuat hubungan semakin erat dan rasa cinta juga semakin kuat. Mungkin terdengar aneh, tetapi jika kamu lihat ulasannya berikut ini, kamu akan mengerti bahwa pertikaian tidak selamanya berdampak buruk.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 alasan mengapa pertikaian dalam hubungan dapat menguatkan cinta. Ulasan ini pastinya akan memberikanmu pandangan baru dalam memaknai sebuah masalah. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Pasangan Secara Lebih Baik

Mengenal Pasangan Secara Lebih Baik
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Aldo

Alasan pertama mengapa pertikaian dapat menguatkan hubungan dan rasa cinta ialah karena melalui hal tersebut kamu jadi bisa mengenal pasanganmu secara lebih baik. Dengan melihat pasanganmu marah terhadap sesuatu, kamu jadi tahu apa yang dia suka dan dia tidak suka.

Justru jika hubunganmu terlihat baik-baik saja dan tidak ada masalah bisa jadi pasanganmu menyimpan amarahnya secara diam-diam karena merasa segan untuk mengatakannya padamu. Maka dari itu, jika ada pertengkaran danperdebatan kecil, maknai hal tersebut sebagai proses kamu sedang memahaminya lebih baik lagi sehingga hubungan akan menjadi lebih erat dari sebelumnya.

Dinamika yang Mewarnai Hubungan

Dinamika yang Mewarnai Hubungan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Nathan

Alasan kedua mengapa pertikaian dapat menguatkan hubungan dan rasa cinta ialah karena melalui hal tersebut hubungan cintamu akan memiliki dinamika dan terasa lebih berwarna. Perlu kamu tahu bahwa hubungan yang harmonis memang terdengar menyenangkan, tetapi jika tidak ada konflik sama sekali maka, hubungan itu patut dipertanyakan.

Asalkan jika sudah bertengkar pastikan salah satu diantara kalian ada yang mengalah. Pertikaian lebih mudah terjadi daripada menjaga hubungan agar tetap harmonis, maka dri itu pastikan bahwa kamu dan dia mampu untuk mengelola setiap konflik yang ada dalam hubungan. Jika konflik itu hadir, nikmati dan selesaikan segera dengan cinta agar hubungan kalian semakin erat.

Memahami Kelemahan Pasangan

Memahami Kelemahan Pasangan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Sincerely

Alasan ketiga mengapa pertikaian dalam hubungan dapat menguatkan rasa cinta ialah karena kamu dapat memahami kelemahan pasangan melalui respon yang dberikan saat kalian bertengkar. Jika tidak ada pertengkaran, kamu mungkin tidak akan tahu titik kelemahanmu dan kelemahan pasangan ada dimana.

Biasanya dengan adanya pertikaian dalam hubungan, kamu jadi bisa melihat sisi lain dalam diri pasangan dengan bagaimana cara ia merespon masalah dan memertahankan hubungan. Jika sudah saling mengetahui kelemahan masing-masing, kalian jadi bisa memahami dan mencari jalan keluarnya bersama, hal tersebut jelas dapat membuat hubungan menjadi lebih kuat nantinya.

Menguji Rasa Rindu

Menguji Rasa Rindu
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Kaanoo

Alasan keempat mengapa pertikaian dalam hubungan dapat menguatkan rasa cinta ialah karena ada sekat rindu yang mungkin tidak kalian pahami saat itu. Biasanya saat bertengkar atau berdebat karena suatu hal, kalian jadi memilih untuk saling mendiamkan tanpa sebab sembari menunggu siapa yang akan menghubungi duluan.

Momen seperti itulah yang langka dan tidak didapatkan pada hubungan yang jarang bertengkar. Dengan adanya pertikaian dan jarak, ada rindu juga didalamnya. Rindu yang tersirat inilah yang menjadi alasan mengapa perasaan kalian satu sama lain akan saling bertautan dan akhirnya menyadari bahwa rindu tersebut membuat cinta semakin kuat.

Memunculkan Rasa Takut Kehilangan

Memunculkan Rasa Takut Kehilangan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Jonathan

Terakhir, alasan kelima mengapa pertikaian dalam hubungan dapat menguatkan rasa cinta ialah karena hal tersebut dapat mengajarkanmu rasa takut kehilangan. Jika kamu dan dia tidak pernah bertengkar bahkan menghindari konflik, kamu mungkin tidak akan pernah merasakan galau yang menyadarkanmu bahwa kamu takut kehilangannya, begitupun sebaliknya.

Ada nasihat bijak yang mengatakan bahwasanya seseorang akan terasa lebih berarti saat mereka sudah pergi, tetapi yang ada nantinya hanya ada penyesalan. Supaya hal tersebut tidak terjadi padamu, maka pertengkaran-pertengkaran kecil itu akan mengajarkanmu rasa takut kehilangan yang berujung dengan kuatnya rasa cinta diantara kalian berdua

Lanjutkan Membaca ↓