FIMELA FEST 2020: 5 Hal Ini Perlu Dijadikan Mindset agar Jadi Perempuan yang Berani Berubah

Febi Anindya Kirana29 Sep 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 15:45 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Banyak penelitian membuktikan bahwa perempuan punya pemikiran lebih matang dan lebih dewasa ketimbang lawan jenisnya. Dengan ini saja, kita sudah tahu bahwa perempuan punya potensi besar membuat perubahan bukan hanya dalam kehidupannya sendiri namun juga kehidupan bermasyarakat.

Tapi apakah perempuan bisa jadi pemimpin yang lebih baik ketimbang pria? Bisa iya bisa juga tidak. Namun fakta bahwa beberapa negara yang dipimpin perempuan tidak kalah dalam menangani kondisi pandemi saat ini membuktikan bahwa kekuatan yang dibawa oleh para perempuan dalam mengambil keputusan terbaik patut diakui, lihat saja negara Jerman, Denmark, New Zealand dan lainnya.

Lalu mindset apa yang perlu ditumbuhkan dalam diri sendiri agar menjadi perempuan yang berani berubah? Ini yang diungkapkan Margie Warrel dalam Forbes.

1. Jangan menunggu hingga merasa percaya diri

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Alex Shaw on Unsplash

Banyak perempuan tidak percaya diri bisa berubah menjadi lebih baik sambil bilang, "Ah jangan saya, saya kayaknya nggak bisa, saya nggak mampu." Pikirkan lagi kata-kata itu. Kamu telah meragukan kekuatanmu sendiri dan saat itu juga kamu sudah menjatuhkan dirimu sendiri. Jadi jangan menunggu hingga merasa percaya diri, ambil saja kesempatannya untuk belajar danmelatih diri.

2. Lihat dirimu sendiri sebagai pemimpin

Setiap orang punya kemampuan memimpin atau leadership, jadi lihatlah dirimu sendiri sebagai pemimpin. Banyak perempuan ragu melihat diri mereka sendiri sebagai seseorang yang memegang kendali, padahal itu sangat menyenangkan. Jadi visualisasikan dirimu sendiri sebagai pemimpin, change-maker yang punya kualitas setara dengan para pria.

3. Berlatih berani

perempuan bekerja
ilustrasi perempuan bekerja/photo created by tirachardz - www.freepik.com

Perempuan juga perlu punya ambisi, tujuan dan impian setinggi langit, karena hanya dengan begitu kamu tahu ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kesempatan terbuka lebar hanya pada mereka yang berani mengambil tantangan. Mulai saja dengan sesuatu yang sederhana, mengemukakan pendapat di depan umum, memegang kendali atas hidupmu sendiri, tidak ditekan atau diperintah orang lain.

4. Hadapi risiko

Tidak ada pencapaian tanpa mengambil risiko dalam hidup setiap perempuan yang berhasil. Jika ingin karir lebih baik, penghasilan lebih banyak atau stabil secara status sosial, jangan takut menghadapi risiko. Mempertaruhkan kenyamanan yang kamu miliki saat ini untuk masa depan yang paling kamu inginkan adalah definisi dari sebuah keberanian.

5. Tunjukkan kualitas diri

Pemimpin perempuan selalu memiliki sisi feminin dan maskulin dalam diri mereka. Bukan hanya itu, perempuan yang berani berubah pasti harus memiliki kemampuan mudah beradaptasi dan tak mudah menyerah. Miliki segala kualitas diri yang membuatmu tak mudah diremehkan dan diintimidasi.

Itu sekian hal yang perlu dijadikan mindset jika kamu ingin menjadi perempuan yang berani berubah. Daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓