FIMELA FEST 2020: 7 Tips Mempraktikkan Self Love saat Stres

Annissa Wulan29 Sep 2020, 16:49 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 17:13 WIB
Ilustrasi orang bahagia

Fimela.com, Jakarta Self love adalah kunci untuk menghadapi ketakutan atas ketidakpastian dan stres seperti saat ini. Mudah untuk mengutamakan orang lain, namun dengan selalu menempatkan diri di urutan kedua, kamu mempertaruhkan kesehatan emosional dan fisik.

Self love bukan berarti kamu egois. Self love mungkin bukan sesuatu yang terdengar produktif, namun sebenarnya jika diaplikasikan dapat membuatmu lebih produktif.

Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa tips mengaplikasikan self love saat sedang stres. Penasaran?

1. Berhenti menunggu keajaiban dari luar untuk mengubah hidupmu

Hidup adalah tentang mengambil langkah-langkah kecil yang mengarah pada langkah besar. Ini juga tentang kerentanan.

Banyak orang menunggu waktu yang tepat untuk membuat perubahan. Mulailah dengan membuat perubahan yang kamu inginkan hari ini.

2. Memperhatikan kesehatan

Ini adalah langkah terpenting dalam mengaplikasikan self love. Kamu harus melakukan pemeriksaan secara rutin, pastikan bahwa tubuhmu sehat.

 

 

3. Olahraga secara teratur

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Olahraga ringan baik untuk kesehatan emosional dan fisik. Olahraga akan membuat endorfin bekerja dan memberi perasaan senang yang alami.

Olahraga juga akan membantu menenangkan pikiran dan membantu memperbaiki kualitas tidur. Jagalah agar aktivitas olahragamu tetap konsisten dan sederhana.

4. Merayakan prosesnya

Self love tidak terjadi dalam semalam. Lain kali luangkan waktu selama 10 menit untuk diri sendiri, pastikan kamu memberi pujian untuk dirimu sendiri.

Self love adalah proses untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik. Praktikkan setiap hari untuk menjaga pikiran, tubuh, dan jiwa.

5. Bersikap optimis

Optimisme menciptakan kebahagiaan. Optimis tidak sama dengan mengharapkan keajaiban besar, namun lebih menjadi positif tentang masa depan dan belajar dari masa lalu.

6. Mendengarkan suara hatimu sendiri

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.

Ini berarti intuisi. Sangat mudah untuk mendengarkan orang lain dan mengabaikan diri sendiri, namun ketahuilah bahwa apa yang terbaik untuk dirimu, dirimu sendiri yang tahu.

7. Mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang positif

Lingkungan akan memengaruhi perasaanmu. Jika memungkinkan, jauhi orang-orang yang negatif.

Buatlah daftar 5 orang terdekat dan paling kamu sukai. Kelilingi diri sendiri dengan orang-orang tersebut untuk membantumu mengaplikasikan self love.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓