Sukses

Health

5 Manfaat Daun Talas untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Daun talas merupakan tanaman yang bisa dikonsumsi. Talas biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan seperti keripik, brownis, tumisan dan buntil. Daun talas dipercaya memiliki kandungan gizi yang kompleks.

Daun ini sangat terkenal dibeberapa negara seperti Filipina, Brasil dan Kolombia. Di beberapa negara tersebut, tanaman daun talas dijadikan sebagai makanan pokok untuk menggantikan nasi. Daun talas memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau.

Daun ini memiliki kandungan yang kaya akan protein, serat, asam askorbat, zat besi, riboflavin, mangan, tembaga dan lain sebagainya. Manfaat utamanya bisa membantu mencegah naiknya kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Berikut manfaat daun talas untuk menjaga kesehatan tubuh:

Manfaat Daun Talas

1. Mengontrol Kolesterol

Manfaat daun talas yang pertama yaitu membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, daun talas memiliki kandungan 0% kolesterol dan 1% lemak. Sehingga aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Seperti yang kita tahu, di dalam tubuh manusia terkandung kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kelebihan kolesterol jahat akan membuat tubuh mudah terserang penyakit kronis. Daun talas ini memiliki kandungan metionin, yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun talas juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena daun talas memiliki kandungan yang kaya akan serat, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat berfungsi untuk membantu melancarkan gerakan usus saat memproses makanan, mencegah sembelit, mencegah iritasi usus, mencegah kanker usus besar dan mencegah sindrom konstipasi.

3. Menghidrasi Tubuh

Walaupun tidak berbentuk cair, namun mengonsumsi daun talas sangat baik untuk membantu menambah cairan di dalam tubuh, agar tubuh tidak mudah dehidrasi. Hal ini terbukti karena daun talas memiliki kandungan yang kaya akan mineral seperti kalium yang bisa membantu menyerat karbohidrat, mengontrol sistem kerja jantung, meningkatkan tumbuh kembang anak, membuat otot dan meningkatkan asam basa di dalam tubuh. Daun talas juga memiliki kandungan potasium, yang menjadi elektrolit untuk menghidrasi tubuh. Namun jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih, agar cairan di dalam tubuh tetap seimbang.

 

Manfaat Daun Talas

4. Mengatasi Masalah Kulit

Mengonsumsi daun talas juga berguna untuk membantu mengatasi masalah kulit. Daun talas memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, elastin dan kolagen, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan ini mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti mengurangi keriput, mencerahkan kulit, melembutkan wajah, membuat kulit tampak sehat dan mengencangkan kulit.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat mengonsumsi daun talas yang terakhir adalah membantu menjaga kesehatan mata. Karena daun talas memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A. Vitamin A yang terkandung di dalam daun talas, hampir sama dengan tomat dan wortel. Vitamin A ini berfungsi untuk membantu meningkatkan penglihatan mata, mencegah katarak, mencegah miopia dan mencegah kebutaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading