Sukses

Lifestyle

Peluncuran Buku Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself

Fimela.com, Jakarta Pada hari Rabu, 23 September 2020 pukul 15.00, Penerbit M&C! bersama Franka Soeria meluncurkan buku Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself secara virtual melalui live Zoom. Peluncuran buku ini dibuka untuk umum dan pihak penerbit menyediakan kanal pendaftaran di bit.ly/randomthoughtsoffranka bagi siapa saja yang ingin ikut bergabung dalam peluncuran buku yang berkisah tentang perjalanan hidup Franka Soeria.

Siapakah Franka Soeria? Franka Soeria yang melabeli diri sebagai “Behind The Scene Woman” dikenal sebagai salah satu ahli modest fashion berskala global yang telah melahirkan banyak proyek penting di industri modest fashion. Salah satu karya terbaiknya adalah Modest Fashion Weeks yang telah digelar di lima kota di berbagai negara berbeda (Istanbul, London, Dubai, Jakarta, dan Amsterdam) sejak tahun 2016. Modest Fashion Weeks dianggap sebagai salah satu acara modest fashion global paling bergengsi saat ini, yang telah berhasil menarik perhatian dunia dan telah melejitkan istilah “Modest Fashion”. Hal ini menempatkan Franka sebagai salah satu tokoh penting di industri modest fashion.

Tapi siapa sangka ternyata seorang Franka adalah seorang pemalu yang memiliki kenangan masa lalu yang gelap dan kerap dirundung oleh orang-orang di sekitarnya. Menurut penuturannya dalam bukunya, ia lahir dari keluarga kecil yang bisa dikatakan “tidak normal”. Kehidupan yang ia lalui pada masa itu berbeda dengan anak seusianya, karena sejak usia lima tahun ia sudah diajarkan oleh ayahnya untuk menjadi seorang yang produktif yaitu sebagai penulis fiksi dan kreator.

Franka juga mempunyai tiga saudara kandung yang secara fisik lebih unggul darinya. Karena itulah, ketika ketiga saudaranya tampil di depan panggung, Franka selalu menjadi orang yang hanya berada di belakang layar. Keadaan ini yang membuat ia bertekad untuk bekerja lebih keras lagi agar dapat menunjukkan karya-karyanya walau hanya dari balik layar saja.

Ketika beranjak dewasa, Franka memulai karier awal profesionalnya sebagai jurnalis. Namun kini ia meninggalkan profesi pewarta tersebut dan bertransformasi menjadi seorang penggerak industri modest fashion dunia yang bermukim di Turki. Ibu satu anak ini pun senang menyebut dirinya sebagai kreator dan self-funded entrepreneur, di mana ia merintis dua perusahaan yang berbeda, yaitu sebuah perusahaan konsultan fesyen bernamaThink Fashion yang didirikan di Turki dan #Markamarie (Markamarie.com), sebuah perusahaan agregator modest fashion yang berkantor di Indonesia dan Malaysia.

Buku #RTOF adalah Buku Autobiografi yang Inspiratif dengan Gaya Penulisan Unik

Sebagai salah satu diaspora yang mencintai negerinya, Franka juga tak luput memfokuskan diri untuk mendukung bakat-bakat dan inisiatif kreatif Indonesia dan Asia ke kancah global. Melalui upaya tersebut dan kisah-kisah perjalanan hidupnya, Franka berharap dapat membagikan energi positif bagi para pemimpi yang pantang menyerah dalam meraih kesuksesan, dihiasi oleh kutipan, puisi dan ilustrasi bermakna baik dalam bentuk gambar atau tulisan. Juga beberapa halaman interaktif yang bisa diisi oleh pembaca. Semua itu terangkum dalam buku barunya, Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself.

Buku #RTOF adalah buku autobiografi yang segar, pop, modern namun penuh makna, dibalut dengan bahasa dan gaya penulisan Franka yang unik. Semua masalah kehidupan dari menemukan identitas, peer pressure, politik kantor, pindah begara dan beradaptasi, menjadi ibu hingga usaha mengangkat nama negara di dunia internasional dengan segala turun naiknya. Sebuah buku yang mampu menularkan personal resilience (ketahanan diri) bagi pembacanya.

Titik Balik Franka sebagai Penulis

Bagi Franka, buku ini adalah titik balik ia menjadi penulis kembali. Franka yang pernah kehilangan naskah yang ditulisnya sebanyak 500 halaman ini, menemukan kembali sosok penulis dalam dirinya ketika Covid-19 memaksanya untuk menunda hampir semua kegiatan fashion-nya.

Buku ini ditulis pada masa awal pandemi Covid-19 selama dua minggu. Ia menggandeng beberapa bakat muda yaitu Wita Novita Handayani sebagai illustrator dan Abiyyu Fasha sebagai photo illustrator.

Selain menulis, Franka juga bertindak sebagai pengarah kreatif keseluruhan proyek ini. Ia menciptakan karya pendukung buku seperti lagu, instagram filter, desktop wallpaper dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di bit.ly/RTOFBOOK atau @randomthoughtsoffranka . Proyek buku #RTOF ini juga didukung oleh #Markamarie (markamarie.com). Virtual launching buku ini didukung oleh brand modest fashion Makaila Haifa, brand kerudung premium Yazma Scarves Turkey, dan kopi organik Sumatra Highlands.

Buku Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself

Bagi yang tertarik dengan buku ini, nih Fimela kasih info sinopsisnya. Siapa tahu setelah ini kamu bisa segera menemukannya di toko buku terdekat atau toko buku daring langgananmu.

Judul: Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself

Penulis: Franka Soeria

Penerbit: M&C!

Sinopsis:

“Kamu adalah garam,” itu yang ibu saya bilang setiap kali melihat saya bersedih. “Tanpa garam, semua makanan terasa hambar...” tambahnya lagi. Buku ini bercerita tentang perjalanan Franka Soeria, mantan jurnalis Indonesia yang kini bermukim di Turki dan bertransformasi menjadi penggerak industri modest fashion dunia. Dari si Pemalu yang sering di-bully hingga kini menjadi “otak” dari industri modest fashion dunia, yang bertualang antar negara.

Buku ini untuk menyemangati semua individu ataupun entrepreneur yang bermimpi menaklukkan “bulan” dengan kedua tangannya sendiril. Para pejuang mimpi yang yakin bahwa kerja keras dan doa akan membawa ke suatu titik yang menjanjikan. Bahwa pada dasarnya dunia ini adil, dengan segala cobaan dan janji-janjinya. Termasuk untuk orang-orang tanpa akses dan privilege, yang bermodalkan yakin dan mental tak terkalahkan. Ini buku tentang sebuah proses, perenungan, temuan, perjalanan meraih mimpi, dan metamorfosis yang mungkin juga dihadapi olehmu.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading