Pentingnya Peran Caregiver dalam Proses Pengobatan Pasien Kanker Payudara Metastatis

Karla Farhana30 Sep 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2020, 19:00 WIB
[Fimela] kanker payudara

Fimela.com, Jakarta Caregiver memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengobatan pasien kanker payudara metastis. Pasalnya dukungan dari caregiver berkaitan dengan kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek kauangan yang dihadapi pasien. 

Sebagian besar pasien merasa diagnosa kanker metastasis sangat menegangkan dan sulit ditanggung sendiri. Pasien dengan kanker stadium lanjut, seperti kanker payudara metastis ini memiliki pilihan pengobatan janka panjang yang mempertahankan kualitas hudup yang baik. Tetapi, pasien perlu mendapatkan dukungan, mulai dari perhatian hingga psikososial untuk membantu mengatasi tekanan psikologis pasien. 

DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, spesialis Penyakit dalam Hematologi & Onkologi Medik menjelaskan, aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastastis. 

“Aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastatis selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan oleh dokter dan setelah dirawat di rumah sakit oleh perawat," jelasnya. 

Caregiver bisa siapa saja

[Fimela] Pfizer
ASA DARA Pfizer | dok pribadi

Selama ini, masyarakat mengira peran caregiver harus dijalani anggota keluarga terdekat. Seperti orangtua, anak, atau saudara kandung. Padahal, peran ini bisa dijalani oleh siapa saja, selama dia mampu dan memiliki niat yang tulus dan serius untuk mendampingi pasien. 

Ketua Makasar Cancer Care Community (MCCC) DR Dra. Nurlina Subair, MSi mengatakan, caregiving bisa dilakukan siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik suami, anak yang sudah dewasa, orangtua, saudara lainnya, teman atau bahkan tetangga. Asal, caregiver dapat membantu meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya. Caregiver juga harus membantu meningkatkan kehidupan psikososial sang pasien. 

“Caregiving dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga, sepanjang dipelajari untuk meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien dan keluarganya, serta membantu meningkatkan kehidupan psikososial dari pasien,” jelasnya. 

Untuk membantu para caregiver, Pfizer mengadakan sebuah program ASA DARA Pfizer untuk memberdayakan para caregiver. Program ini terbagi atas 3 pilar; Asah, Asih, dan Asuh. Asah merupakan program edukasi tentang kanker payudara HR positif dan HER2 negatif. Sementara Asing adalah program bantuan bagi pasien agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan memberikan kenyamanan serta keringanan selama menjalani terapi. Terakhir, Asuh adalah program bagi pemerhati dan pendukung kanker payudara metastatis lewat dukungan psikososial yang dibutuhkan pasien. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓