5 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Demam Tinggi

Imelda Rahma30 Sep 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 30 Sep 2020, 18:35 WIB
Makanan

Fimela.com, Jakarta Pada saat demam, selain obat-obatan, makanan adalah faktor yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih makanan saat demam. Jika sampai salah makan, maka demam yang sedang diderita akan menjadi lebih parah bahkan kemungkinan muncul komplikasi penyakit lain yang disebabkan karena makanan tersebut.

Pastinya, kriteria makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat demam tinggi adalah makanan yang kaya gizi dan nutrisi serta kandungannya berkhasiat untuk menangkal penyakit yang menyebabkanmu demam tinggi. Hindari mengonsumsi makanan yang kering dan pedas karena akan memicu penyakit diare.

Kemudian, meskipun pada saat demam rasanya tubuh tidak memiliki napsu makan untuk makan, kamu harus tetap mengonsumsi makanan. Menuruti napsu makan yang hilang pada saat demam justru akan memperburuk kondisi tubuh dan proses penyembuhan pun menjadi tersendat. Maka dari itu, menjadi penting bagi kamu untuk tahu makanan apa saja yang baik dikonsumsi pada saat demam tinggi.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat demam tinggi. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Makanan Berkuah

Makanan Berkuah
Ilustrasi Makanan Berkuah Credit: unsplash.com/Henrique

Rekomendasi makanan pertama yang baik dikonsumsi saat demam tinggi ialah makanan berkuah. Adapun makanan berkuah pilihan yang sering dikonsumsi banyak orang pada saat sakit ialah sup ayam dan kaldu. Hal ini karena kedua makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Sup ayam adalah sumber vitamin, mineral, kalori, dan protein yang mudah dikonsumsi. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar saat sakit. Selain itu, sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik untuk hidrasi. Sup ayam juga menghambat aksi neutrofil, yaitu sel darah putih yang dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan hidung tersumbat.

Sekilas nampak mirip dengan sup ayam, kaldu adalah sumber hidrasi yang sangat baik saat demam tinggi. Kaldu tulang mengandung kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat dan fosfor. Minum kaldu adalah cara yang baik untuk tetap terhidrasi.

Aneka Buah-Buahan

Aneka Buah-Buahan
Ilustrasi Buah-Buahan Credit: pexels.com/Ponyo

Selain makanan berkuah, makanan lain yang juga masuk rekomendasi sebagai makanan yang baik dikonsumsi saat demam tinggi ialah buah-buahan. Itulah mengapa ketika berkunjung untuk menjenguk orang sakit biasanya kita membelikan banyak buah-buahan. Perlu kamu tahu bahwa sebagai makanan sehat, buah-buahan mengandung banyak gizi yang baik untuk orang sakit.

Adapun jenis buah yang baik dikonsumsi pada saat demam tinggi ialah alpukat dan semangka. Alpukat merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang dapat mempercepat penyembuhan saat sakit. Selain itu tekstur alpukat juga lunak, relatif hambar dan mudah dimakan. Karena lemak sehat yang terkandung dalam alpukat, terutama asam oleat, mereka membantu mengurangi peradangan sambil juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

Semangka juga merupakan buah terbaik untuk demam karena manis, sehat, kaya air, dan bersifat mendinginkan tubuh. Semangka membantu anak tetap terhidrasi dan mempercepat proses pemulihan dan metabolisme energi dalam tubuh. Makan beberapa irisan semangka setelah makan berat bisa membantu mengendalikan panas tubuh.

Makanan Berprotein Tinggi

Makanan Berprotein Tinggi
Ilustrasi Makanan Berprotein Tinggi Credit: pexels.com/FoodieFactor

Berikutnya, rekomendasi makanan lain yang juga baik dikonsumsi saat demam tinggi ialah makanan berprotein tinggi. Contoh dari makanan berprotein tinggi yakni, telur dan susu. Telur mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan saat demam. Mengonsumsi protein saat demam dapat membantu memberikan sistem kekebalan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi.

Selanjutnya, susu adalah sumber kaya protein berkualitas yang mengandung semua sembilan asam amino esensial. Susu juga mengandung beragam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Nutrisi ini penting dipenuhi saat anak sedang sakit untuk mencegah peradangan dan mempercepat pemulihan.

Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik

Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik
Ilustrasi Makanan Kaya Probiotik Credit: unsplash.com/Julian

Keempat, selain makanan yang kaya akan protein, orang yang sedang terkena demam tinggi juga butuh asupan makanan yang kaya akan kandungan probiotik. Untuk itu, yogurt adalah makanan yang sangat baik untuk dimakan saat demam dan sakit. Yoghurt juga kaya akan kalsium dan penuh dengan vitamin dan mineral lainnya.

Beberapa yogurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat. Mengonsumsi yogurt dapat mempercepat proses pemulihan dari demam. Mengonsumsi makanan probiotik secara teratur yang mengandung bakteri hidup yang menguntungkan, dapat menurunkan demam pada anak yang sakit.

Selain yoghurt, tempe juga termasuk dalam makanan fermentasi terbaik untuk sumber probiotik. Kandungan probiotik dari tempe dapat menambah jumlah bakteri alami dalam usus. Maka dari itu, tempe sangat direkomendasikan karena dapat mempercepat proses pemulihan setelah demam tinggi.

Memperbanyak Konsumsi Cairan

Memperbanyak Konsumsi Cairan
Ilustrasi Air Kelapa Credit: pexels.com/Thunyarat

Terakhir, rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat demam tinggi ialah air kelapa dan air jahe sebagai asupan cairan untuk tubub yang rawan terkena dehidrasi. Kamu perlu tahu bahwa air kelapa baik untuk menstabilkan suhu tubuh. Saat demam, tubuh banyak berkeringat, muntah, atau diare, ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak air dan elektrolit. Air kelapa mampu mengisi kembali kebutuhan cairan dan elektrolit.

Cara lain untuk mengobati demam adalah dengan menggunakan jahe. Sifat anti-bakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membuang kuman yang tidak diinginkan, dan membantu fungsi tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓