5 Jenis Makanan yang Menyebabkan Ketagihan

Imelda Rahma01 Okt 2020, 11:35 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 11:35 WIB
Makanan

Fimela.com, Jakarta Makanan adalah sesuatu yang kita konsumsi sehari-hari dan merupakan kebutuhan primer, namun diantara makanan yang kita konsumsi, beberapa diantaranya ternyata bisa memiliki efek candu yang bikin kamu ketagihan. Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun faktanya beberapa makanan mempunyai kandungan yang membuat ketagihan.

Jika selama ini kamu hobi mengonsumsi suatu makanan, maka hal tersebut perlu dipertanyakan karena bisa saja makanan yang selalu kamu konsumsi masuk dalam deretan makanan yang menyebabkan candu. Bukan cuma obat-obatan dan herba dengan kandungan psikotropika yang bisa menyebabkan ketagihan, makanan pun bisa menghasilkan reaksi yang mirip dengan adiksi.

Maka dari itu, menjadi penting untuk tahu informasi mengenai jenis makanan apa saja yang efeknya bisa menimbulkan candu. Hal ini juga tentunya berkaitan erat dengan kesehatanmu, maka dari itu jangan dianggap remeh. Kamu perlu tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi suatu makanan bisa menyebabkan kelebihan nutrisi yang dapat mengganggu sistem kesehatan itu sendiri.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis makanan yang menyebabkan candu dan ketagihan. Tentunya ulasan ini akan sangat bermenfaat sebagai informasi agar kamu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Aneka Daging

Aneka Daging
Ilustrasi Daging Credit: pexels.com/Snapwire

Jenis makanan pertama yang menyebabkan candu ialah daging. Meskipun daging termasuk sumber protein hewani yang baik, namun nyatanya daging bisa menyebabkan kecanduan. Bahkan karena hal ini, ada banyak orang yang tidak bisa membedakan gejala kecanduan daging atau hanya mengonsumsinya untuk kebutuhan protein hewani saja.

Daging mengandung hypoxanthine, stimulan mirip kafein yang bisa menimbulkan rasa puas setelah menyantapnya. Kandungan guanylic dan inosinic yang dimilikinya juga memiliki efek serupa. Daging yang disimpan lama mengandung lebih banyak hypoxanthine, sehingga orang yang ketagihan daging bisa menunjukkan reaksi kecanduan jika tidak mengonsumsinya selama beberapa waktu.

Gandum

Gandum
Ilustrasi Gandum Credit: pexels.com/Kaboompics

Berikutnya, jenis makanan kedua yang menyebabkan efek candu ialah gandum. Kamu perlu tahu bahwa mengonsumsi gandum dapat menyebabkan candu karena mengandung pati dan protein adiktif. Pasalnya, gandum yang dibudidayakan untuk konsumsi saat ini adalah hasil rekayasa genetik.

Tubuh akan mencerna protein gandum dan memecahnya menjadi polypeptides yang bisa merangsang sensasi ketagihan layaknya candu. Orang-orang yang ketagihan gandum bahkan dirawat dengan obat-obatan untuk penderita morfin atau heroin.

Es Krim

Es Krim
Ilustrasi Es Krim Credit: pexels.com/Jeshoots

Selanjutnya, jenis makanan lain yang juga memiliki efek candu ialah es krim. Es krim dapat merangsang bagian otak manusia yang menyantapnya dengan perasaan bahagia seperti narkoba. Hal ini membuat seseorang ingin menyantap lebih banyak es krim untuk mencapai tingkat kepuasan yang sama.

Temuan ini didapatkan oleh Kyle S. Burger dan Eric Stice dari Oregon Research Institute. Penelitian dilakukan terhadap 151 remaja dengan konsumsi es krim dan milkshake. Pengukuran terhadap aktivitas otak menunjukkan kelompok yang mengonsumsi es krim sebelum penelitian membutuhkan lebih banyak milkshake untuk mencapai level ekstasi yang sama dengan konsumsi es krim.

Keju

Keju
Ilustrasi Keju Credit: pexels.com/Tabitha

Keempat, jenis makanan lain yang juga mempunyai efek candu dan bikin ketagihan ialah keju. Bisa dikatakan bahwa keju merupakan bahan makanan yang sering menjadi campuran untuk beragam makanan. Namun, ternyata keju mengandung kasein dan casomorphins.

Casomorphins adalah pecahan kasein dan memiliki efek yang sama dengan morfin saat memasuki tubuh. Dua molekul ini menempel pada reseptor otak seperti morfin dan heroin. Kemudian otak melepaskan dopamin dengan cara yang sama seperti ketika seseorang menggunakan narkoba.

Keju memang tidak akan memberikan efek yang begitu berbahaya sehingga seseorang menjadi pecandu, karena reaksi yang ditimbulkan masih lebih ringan jika dibandingkan narkoba. Namun kamu tetap bisa ketagihan makanan yang satu ini.

Gula

Gula
Ilustrasi Gula Credit: pexels.com/Mali

Terakhir, makanan yang bisa menyebabkan candu dan bikin ketagihan ialah gula. Tubuh manusia memang membutuhkan asupan gula, namun mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan reaksi layaknya kecanduan.

Riset yang dilakukan para peneliti dari Queensland University of Technology menemukan bukti bahwa gula menghasilkan efek yang sama pada tubuh seperti kokain. Konsumsi gula memicu pelepasan dopamin. Sayangnya, tingkat kepuasan yang dihasilkan tidak berbanding lurus dengan jumlah gula yang dikonsumsi. Karena itulah mereka yang kecanduan gula bakal membutuhkan lebih banyak gula terus-menerus.

Lanjutkan Membaca ↓