Dilema Uang yang Datang dan Pergi Begitu Cepat Memang Bikin Stres

Endah Wijayanti01 Okt 2020, 09:45 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 10:30 WIB
mengatasi cemas

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Ester Martalina

Pandemi virus corona membuat aku kehilangan pekerjaan. Aku diberhentikan dari pekerjaanku. Terbayang betapa pusingnya aku. Keuanganku goyang. Biasanya tiap bulan terima gaji, dan sekarang nggak ada gaji. 

Gaji suamiku dipotong 50%. Ya, mau bagaimana lagi daripada suami nggak kerja. Dijalani saja pekerjaannya walaupun gaji tidak memadai. Uang, di manakah kau harus kudapatkan? Hidup tanpa uang serasa tak mungkin. Hidup butuh uang. 

Uang bagiku seperti angin. Datang dan pergi. Aku tak biasa tanpa uang. Saat aku dapat uang, nggak bisa untuk ditabung, nggak cukup. Uang datang lalu dipakai buat belanja keperluan dapur, keperluan rumah dan kebutuhan lainnya seperti bayar utang. Bagiku saat uang datang, uang cuma mampir sebentar di dompet.

Uang kapan kau diam di dompetku, sebentar saja, sebulan atau seminggu saja atau 24 jam. Uang cepat datang lagi tapi cepat pergi lagi karena aku harus bayar semua tagihan. Aku dan uang bersahabat bagaikan angin. Uang datang dan pergi. Betapa pusingnya aku mengatur uang yang cuma datang dan pergi. Aku sekarang cuma ibu rumah tangga, uangku datang dan pergi.

Aku dan uang tak bisa dipisahkan, aku butuh uang untuk biaya hidup. Uang datang senyum mengembang. Tanpa uang, senyum kecut. Hidup bahagia tak mungkin tanpa uang.

#ChangeMaker