Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengontrol Rasa Cemburu Pada Pasangan

Adanya rasa cemburu pada pasangan dalam menjalani hubungan adalah hal yang wajar karena cemburu bisa diartikan sebagai bentuk rasa cinta. Namun, jika rasa cemburu itu terasa berlebihan dan kamu tidak bisa mengontrolnya maka, hal itu menjadi masalah dan bisa jadi kamu adalah pasangan yang toxic.

Siapapun pasti setuju jika pasangan kita sebisa mungkin seutuhnya adalah milik kita seorang, tetapi hal tersebut ada takaran atau batasannya. Tidak semua situasi tidak bisa kamu berlakukan prinsip seperti itu. Menjadi penting dalam suatu hubungan masing-masing pasangan dapat mengontrol rasa cemburunya.

Ingat, rasa cemburu yang berlebihan justru malah akan menimbulkan konflik diantara kalian. Pasangan bisa menjadi tidak nyaman dan merasa risih dengan sikapmu. Cemburu sewajarnya saja karena dalam satu hari, kalian tidak hanya mengurusi hubungan, tetapi juga hal yang lainnya.

Nah, supaya kamu dapat mengontrol rasa cemburu, Fimela.com kali ini akan membagikan tipsnya. Simak semua tipsnya berikut ini.

Bangun Kepercayaan

Cara mengontrol rasa cemburu pada pasangan yang pertama ialah dengan membangun pondasi kepercayaan yang kuat saat berkomitmen untuk menjalani hubungan. Jelas, langkah utama agar kamu bisa mngontrol rasa cemburu ialah rasa kepercayaan yang kuat darimu kepada pasangan.

Jika kamu sudah membangun rasa kepercayaan bersama pasangan, pasti hatimu akan jauh lebih tenang karena kamu yakin bahwa pasanganmu tidak akan pernah berkhianat atau berselingkuh. Namun, jika sudah membangun kepercayaan, masing-masing dari kalian harus menghargai prinsip itu dan tidak boleh ada niat untuk merusaknya.

Tidak Mencurigai Aktivitas Pasangan di Media Sosial

Kedua, cara mengontrol rasa cemburu pada pasangan dalam hubungan ialah dengan tidak mencurigai segala aktivitasnya di media sosial. Media sosial kini sudah menjadi kebutuhan dan saluran komunikasi yang banyak digunakan, akan menjadi hal yang aneh jika kamu terus menaruh rasa curiga pada aktivitasnya di media sosial.

Jika kamu tetap nekat dan terus mencurigai komunikasi pasangan di media sosialnya, maka kamu bisa berubah menjadi sosok yang posesif dan menyebalkan. Oleh karena itu, sebaiknya bebaskan saja pasanganmu dalam mengunakan media sosial. Sesekali jika kamu penasaran, maka tidak apa mengecek atau bertanya padanya, selebihnya media sosial adalah privasi dari tiap-tiap orang.

Tidak Bersikap Reaktif

Berikutnya, cara mengontrol rasa cemburu pada pasangan yang bisa kamu coba ialah dengan belajar untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala sesuatu. Sikap yang reaktif akan membuatmu kehilangan kontrol. Oleh karena itu, usahakan kamu bersikap lebih tenang dan menanggapi segala sesuatunya dengan lebih santai.

Apabila suatu hari kamu menemukan situasi yang membuatmu cemburu, maka kamu tidak perlu menunjukkan secara langsung, apalagi dilakukan secara berlebihan. Jika hal itu membuatmu tidak nyaman, maka kamu bisa membicarakan hal tersebut pada pasangan sata kalian memiliki momen untuk berdiskusi berdua saja.

Menyibukkan Diri dengan Hal Lain

Selanjutnya, cara mengontrol rasa cemburu pada pasangan yang keempat ialah dengan menyibukkan diri. Jika rasa cemburu itu muncul, ada baiknya kamu tahu cara yang tepat untuk mengalihkannya sehingga kamu tidak terfokus pada pikiran ataupun prasangka  buruk terhadap pasanganmu.

Kamu bisa menyibukkan diri dengan hal lain untuk mengalihkannya, misalnya menonton film, mendengarkan musik, bisa juga menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Tentu saja hal itu lebih baik daripada kamu menghabiskan banyak waktu untuk berpikiran yang aneh-aneh pada pasanganmu sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading