Sukses

Lifestyle

Kembangkan Bakat Kreator Video dengan Smartphone di Galaxy Movie Studio

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara mengisi waktu luang dan mengatasi rasa bosan adalah dengan menonton video, bermain game, dan mendengarkan musik dengan smartphone. Sehingga kebutuhan akan konten video yang menarik menjadi lebih tinggi di waktu-waktu sebelumnya.

Selain menjadi konsumen video, masyarakat Indonesia juga banyak yang menjadi kreator konten. YouTube sendiri menemukan bahwa 70 persen masyarakat Indonesia gemar membuat kreasi konten video melalui smartphone mereka. YouTube pun melihat adanya lonjakan penelusuran oleh masyarakat Indonesia selama masa PSBB tentang baking, movies, dan streaming. Salah satu contohnya film pendek "Tilik" yang viral di berbagai media sosial.

Melihat adanya kebutuhan masyarakat menggunakan smartphone dalam membuat konten Samsung Electronics kembali menghadirkan Galaxy Movie Studio. Berkolaborasi dengan Festival Film Indonesia, Samsung melalui Samsung Galaxy Note20 Series akan mengembangkan potensi anak muda Indonesia dalam bercerita melalui video layaknya film dengan menggunakan smartphone.

"Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dan cepat membuat perkembangan konten jadi luar biasa banyak. Masyarakat yang mengonsumsi konten dan membuat konten. Jadi kreator bisa dilakukan dengan mudah hanya dnegan smartphone yang dibawa," ungkap Miranda Warokka selaku IT & Mobile Marketing Director, Samsung Electronics Indonesia.

 

Industri film berkembang di era digital

Dengan teknologi kamera Pro Video Mode dengan kualitas 8K dan ratio 21:9 akan menghadirkan pengalaman menonton sinematik di layar ponsel. Fitur slow motion yang halus untuk membuat adegan lebih dramatis serta multisource audio yang membuat video menjadi lebih hidup. Inovasi ini membuat masyarakat semakin giat membuat video yang menginspirasi orang lain.

Galaxy Movie Studio sudah pernah digelar pada 2019. Di masa pandemi ini, Galaxy Movie Studio kembali hadir untuk mengajark para sineas muda dan kreator konten untuk berkarya dan produktif.

"Industri film sudah melihat adanya perkembangan digital selama beberapa tahun terakhir. Terlihat dari kreator konten yang diunggah di YouTube. 70 persen masyarakat Indonesia sekarang senang bikin konten dengan smartphone. FFI selalu bicara soal kualitas sehingga selalu berusaha menghadirkan yang terbaik dalam upayanya menghasilkan film baru yang lebih baik,” ujar Lukman Sardi, Ketua Komite Festival Film Indonesia.

Berkolaborasi dengan Cerita Sinema FFI, Samsung Galaxy Movie Studio akan membuka empat kelas online workshop. Masing-masing kelas akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mempelajari lebih dalam seluruh proses dari pembuatan film. Mulai dari workshop penulisan naskah yang akan dimentori oleh Gina S.Noer, workshop pra-produksi yang akan dimentori Lala Timothy, workshop produksi yang akan dimentori oleh Yandy Laurens, hingga pasca-produksi yang juga termasuk tahap distribusi yangakan dimentori oleh Ernest Prakasa.

 

Hadiah yang menanti para pemenang

Untuk mendukung aktivitas tersebut, Galaxy Movie Studio akan didukung oleh fitur inovatif dari Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra yang bekerja secara kolaboratif untuk menghasilkan konten video terbaik. Seperti S pen, fitur kamera canggih, Pro Grade Video, Perekaman Video dengan Kualitas 8K, Multi Source Microphone, hingga all day battery yang mampu melancarkan proses produksi hingga distribusi movie-like video.

Kompetisi ini akan dibuka pada pertengahan Oktober hingga Desember 2020. Diawali dengan pendaftaran bagi penggunaan smartphone Samsung di area Jabodetabek. 10 ide cerita atau video terpilih akan menjadi finalis dan mengikuti rangkaian online workshop. Dari 10 finalis akan dipilih 4 pemenang yang akan dinilai oleh sutradaran profesional dan team Galaxy.

Tentu akan ada hadiah menanti di Galaxy Movie Studio untuk empat kategori pemenang. Kategori Best Picture yang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp30.000.000 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Best Cinematography yangakan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 20.000.000 dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Best Screenplay yang akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15.000.000 dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Serta kategori People’sChoice yang akan mendapatkan Samsung Galaxy S20FE.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading