Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengolah Ikan Sarden Kalengan agar Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Kadang kita enggan mengonsumsi ikan sarden kalengan karena bau amisnya yang kuat. Tapi sebenarnya kita bisa membuat olahan atau hidangan sarden yang tidak amis dengan menambahkan sejumlah bumbu. Bahkan ikan sarden jadi makin terasa sedap dengan racikan bumbu yang pas.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengolah ikan sarden kalengan agar tidak amis. Kita bisa memilih cara yang menurut kita paling mudah. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Tumis dengan Bumbu Bawang dan Asam Jawa

Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum. Lalu masukkan cabai, serai geprek, jahe geprek, dan lengkuas. Kemudian masukkan ikan sarden. Tambahkan sedikit air. Setelah itu, tambahkan asam jawa dan daun salam untuk mengurangi bau amisnya. Tambahkan garam dan kaldu secukupnya. Setelah bumbu meresap, angkat dan sajikan.

2. Tumis dengan Jahe dan Kunyit

Cara yang satu ini juga simple. Siapkan bawang putih yang sudah diiris tipis, jahe geprek, dan kunyit geprek. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan ikan sarden. Tambahkan jahe dan kunyit. Tuang air secukupnya. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

3. Tumis dengan Cabai dan Lengkuas

Siapkan tomat merah, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe. Haluskan semua bahan. Rasa pedas dan penggunaan lengkuas serta jahe bisa menghilangkan bau amis sarden. Tumis bumbu sampai harum. Masukkan ikan sarden. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan sajikan selagi hangat.

4. Tumis dengan Menambahkan Daun Kemangi

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, ketumbar, merica, jahe, kunyit, dan tomat. Tumis bumbu halus sampai matang. Lalu, masukkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk rata. Setelah itu, masukkan ikan sarden dan daun kemangi. Bisa tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk rata, angkat dan sajikan.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan cara mengolah ikan sarden kalengan supaya tidak amis? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading