Cegah Diabetes hingga Kanker, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Rajin Makan Jamur Tiram

Febi Anindya Kirana18 Okt 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 11:45 WIB
jamur tiram

Fimela.com, Jakarta Jamur tiram mungkin menjadi salah satu jamur yang paling umum dikonsumsi dan ditemukan di pasar. Jamur tiram cukup mudah didapat dan diolah, namun tak banyak yang tahu apa saja manfaat mengonsumsi jamur ini. Sebenarnya jamur tiram memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Ini dia manfaat makan jamur tiram seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menurunkan kolesterol

Karena secara alami jamur tiram sudah rendah kalori dan kolesterol , ketika diolah dengan tidak menggunakan terlalu banyak minyak (misalnya digoreng) jamur tiram sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2007 dalam jurnal PubMed NCBI menemukan bahwa pasien diabetes terbukti mengalami penurunkan kadar kolesterol setelah makan jamur tiram.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh harus kebal terhadap penyakit dan ternyata kandungan antioksidan yang tinggi dalam jamur tiram mampu menguatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal Mediators of Inflammation membuktikan bahwa jamur tiram mengandung komponen immunomodulator yang mampu meningkatkan imun tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak

jamur tiram
ilustrasi jamur tiram/copyright By Ivan Trizlic from Shutterstock

Kamur tiram kaya akan niacin (vitamin B3) yang dibutuhkan otak dalam menjalankan fungsinya dengan normal dan optimal. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyebutkan bahwa jamur tiram mampu mengurangi risiko kerusakan sel otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

4. Turunkan kadar gula darah

Jika memiliki risiko terkena diabetes, rajinlah makan jamur tiram karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa kandungan serat dan β-glucan pada jamur tiram mampu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

5. Mencegah kanker payudara

Kandungan antioksidan tinggi dalam jamur tiram mampu memcegah kerusakan sel dan mencegah perkembangan sel abnormal dalam tubuh. Ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology bahwa jamur tiram mampu menekan pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus besar.

Jadi, jika kebetulan kamu suka makan jamur tiram, ingat juga bahwa ternyata kamu sedang mengonsumsi makanan sehat dengan beragam manfaat, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓