6 Tips Membuat Kerupuk Udang yang Enak dan Renyah di Rumah

Febi Anindya Kirana14 Okt 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 08:15 WIB
kerupuk udang

Fimela.com, Jakarta Sedang banyak waktu luang di rumah dan keebetulan punya banyak persediaan udang di rumah? Mengapa tidak mencoba membuat kerupuk udang sendiri? Daripada beli dengan harga mahal, sebenarnya cukup mudah membuat kerupuk udang rumahan yang enak. Ikuti resepnya di sini, tapi agar bisa sukses membuat kerupuk udang yang enak, ini dia tips yang perlu dilakukan.

1. Pilih udang yang segar

Pastikan menggunakan udang yang segar dan akan lebih baik jika berukuran besarnya sedang. Kupas udang hingga bersih dari cangkang dan kepalanya. Blender hingga halus sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

2. Adonan yang tepat

Pastikan tidak kelebihan bahan udang atau justru kelebihan tepung. Tepung yang digunakan harus tapioka karena akan menghasilkan kerupuk yang mengembang dan renyah nantinya ketika digoreng. Campurkan dulu tapioka dengan udang, kemudian bumbu dan air panas. Pastikan juga membuat bumbu yang pas agar rasanya enak.

3. Kukus hingga matang

kerupuk udang
ilustrasi kerupuk udang/photo copyright by Shutterstock

Setelah menjadi adonan yang cukup kalis, buat bulatan panjang atau bungkus dengan plastik. Kemudian kukus adonan hingga matang. Proses pengukusannya juga harus sabar, paling tidak 30 menit hingga bagian dalamnya matang.

4. Iris dengan ketebalan yang sama

Setelah dikukus dan dibiarkan dingin, lepaskan adonan kerupuk dari pembungkusnya, kemudian iris dengan ketipisan yang sama. Jika tidak, kerupuk tidak akan matang merata ketika digoreng.

5. Jemur hingga kering

Setelah diiris dengan ketebalan yang sama, tata satu per satu di tampah bambu dan jemur kerupuk hingga kering. Proses penjemuran ini pun biasanya cukup lama hingga kerupuk mentah benar-benar kering agar ketika disimpan juga tahan lama.

6. Goreng dengan dua tahap

Setelah dijemur hingga kering, goreng dengan minyak panas namun api kecil. Ketika sudah setengah mengembang, angkat dan tiriskan. Kemudian ulangi lagi menggoreng kerupuk agar bisa mekar maksimal.

Itu dia sekian tips yang perlu dilakukan jika ingin membuat kerupuk udang yang enak di rumah. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓