5 Kebiasaan Buruk yang dapat Merusak Hubungan Lebih dari Berselingkuh

Gayuh Tri Pinjungwati13 Okt 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 13 Okt 2020, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa kebiasaan yang memiliki kekuatan untuk mengikis kebahagiaan dan cinta dalam hubunganmu. Terlebih lagi, hal-hal ini adalah kebiasaan kecil yang dirimu dan/ atau pasanganmu mungkin tidak sadari telah dilakukan sehari-hari. Meskipu pada awalnya, hal itu mungkin tidak terlalu penting, melihat lebih dekat apa yang dapat dihasilkan membuktikan bahwa kesembilan kebiasaan kecil ini memiliki kekuatan untuk menghancurkan hubungan yang paling bahagia sekalipun. Berikut ini merupakan kebisaan kecil yang dapat membuat hubunganmu tidak sehat bahkan melebihi dari perselingkuhan.

Tidak Mengucapkan “Tolong dan Terima Kasih”

Tentu saja, wajar jika dirimu lupa mengatakan ini dari waktu ke waktu. Namun, jika ini menjadi kebiasaan dirimu berisiko kehilangan pasangan. Dengan menucapkan tolong dan terima kasih, dirimu menunjukkan kepada pasangan bahwa dirimu tidak hanya menghargai apa yang mereka lakukan untukmu tetap juga menghargai waktu dan upaya mereka.

Kurang Percaya

Setelah cinta, kepercayaan adalah elemen penting. Jika dirimu tidak mempercayai pasanganmu atau sebaliknya, hubunganmu akan cepat berantakan. Dirimu bisa mengambil risiko membuat pasanganmu merasa terkontrol jika kurangnya kepercayaanmu terlalu berlebihan. Selain itu, dirimu juga akan merasa tidak bahagia karena kurangnya kepercayaan berarti dirimu terus-menerus berada dalam kondisi tidak aman dan paranoia.

Tidak Penuh Kasih Sayang

Sementara setiap orang membutuhkan tingkat kasih sayang yang berbeda, setiap orang perlu merasa dicintai. Menahan kasih sayang atau kesal saat pasanganmu tidak penuh kasih sayang sangat berbahaya bagi hubunganmu. Bersikap penuh kasih sayang dengan pasanganmu membuat mereka merasa dicintai dan juga menunjukkan kepada mereka bahwa dirimu mencintai mereka.

Kurangnya Komunikasi

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Ranta Images

Tanpa komunikasi yang tepat, hubunganmu tidak akan berhasil. Dirimu harus terbuka dan jujur tentang perasaan dan pikiranmu. Demikian pula, dirimu harus membuat perasaanmu merasa seolah-olah pasanganmu dapat menyuarakan keprihatiannya setiap kali dia merasa ada sesuatu dalam hubungan yang perlu diperbaiki. Hanya melalui komunikasi yang tepat dirimu dapat mengindentifikasi masalah dan menyelesaikannya.

Berbohong Tentang Hal Kecil

Berbohong tentang hal kecil dan tidak berarti bisa mengikis kepercayaan. Tidak mengherankan, dirimu akan membuat pasanganmu bertanya-tanya apa lagi yang dirimu sembunyikan jika dirimu berbohong tentang hal-hal terkecil. Hal ini bisa menyebabkan kepercayaan dan sebelum dirimu menyadarinya, hubunganmu diperbaiki.

Bertingkah Sombong

Ketika dua pasangan berdebat, mereka harus berusaha menyelesaikan masalah daripada mencoba membuktikan satu sama lain salah. Memperlakukan pasanganmu dengan cara yang merendahkan, membuat mereka merasa tidak dihargai. Selain itu, ini menunjukkan kepada pasangan bahwa dirimu memandang dirimu lebih baik dan lebih pintar daripada mereka dengan kata lain, mereka mulai menyadari bahwa dirimu tidak melihat nilai mereka yang sebenarnya. Akibatnya, mereka cenderung memutuskan sesuatu untuk menemukan seseorang yang menghargainya.

Terkadang hal-hal kecil itulah yang bisa membuat hubungan bahagia berubah menjadi mimpi buruk. Pastikan dirimu memperhatikan kebiasaan yang dirimu miliki dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi pasanganmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓