FIMELA FEST 2020: Jangan Pernah Abaikan 5 Tanda dari Toxic Relationship Ini

Annissa Wulan13 Okt 2020, 15:19 WIB
Diperbarui 13 Okt 2020, 15:34 WIB
Ilustrasi stres

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu melihat atau merasakan tanda-tanda dari sebuah toxic relationship? Ya, memang sulit mengetahui bagaimana bentuk jelas dari sebuah toxic relationship, terutama jika kamu berada terlalu dekat atau terlalu dalam.

Cinta bisa membutakan semua orang dalam banyak hal. Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa tanda dari toxic relationship yang jangan pernah sekalipun diabaikan.

1. Kamu seperti berjalan di atas kulit telur

Kamu merasa tidak aman dan tidak yakin. Kamu selalu merasa khawatir jika melakukan kesalahan, sangat berhati-hati dalam melakukan segala hal. Kamu berusaha keras untuk membuat pasangan bahagia, lebih dari apa yang dianggap normal, ini adalah tanda dari toxic relationship.

 

 

2. Harga dirimu hancur

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Kevin Grieve.

Kamu juga kehilangan kepercayaan diri. Kamu merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, terutama ketika pasangan terus menerus meremehkanmu. Jenis serangan langsung atau tidak langsung dari pasangan akan secara perlahan-lahan, seiring waktu, menghancurkan harga diri.

3. Kesehatanmu menurun

Berada di dalam toxic relationship akan mempengaruhi kesehatan fisikmu. Seseorang yang berada di dalam keadaan gelisah terus menerus, tidak mungkin menjaga kesehatannya dengan baik.

4. Menggunakan obat-obatan

Efektif Meringankan Stres dan Depresi
Ilustrasi Depresi Credit: pexels.com/EnginA

Salah satu bendera merah dari toxic relationship adalah penggunaan obat-obatan. Dalam dunia yang ideal, orang akan mengelola ketidakbahagiaan mereka dengan cara yang sehat, seperti olahraga dan terapi.

Menggunakan obat-obatan justru akan memperburuk toxic relationship. Kamu juga berpotensi mengalami depresi.

5. Teman-temanmu menjauh

Ada orang yang baru menyadari dirinya berada di dalam toxic relationship ketika semua teman-temannya menjauh dan ia harus berjuang sendirian. Tidak ada orang yang ingin mendengar terus menerus cerita tentang hubungan yang buruk.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓