Naik Ojek Online Lebih Aman Tanpa Khawatir Order Fiktif

Annissa Wulan14 Okt 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 09:00 WIB
Gojek

Fimela.com, Jakarta Sering naik ojek online? Order fiktif adalah salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pengguna dan mitra driver ojek online.

Gojek baru saja memperkenalkan Gojek SHIELD dengan inovasi terbaru, yaitu fitur Lapor Ofik (Order Fiktif) Gak Pake Lama. Fitur ini dilengkapi dengan teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis, agar sistem keamanan ekosistem ojek online Gojek dapat semakin diandalkan.

1. Fitur Lapor Ofik Gak Pake Lama

Lewat fitur ini, mitra driver Gojek dapat melaporkan order fiktif langsung dari aplikasi driver tanpa harus menelepon call center. Memanfaatkan kecanggihan machine learning dan kecerdasan buatan, dalam waktu kurang dari 2 menit setelah laporan dibuat melalui aplikasi, sistem akan secara otomatis membatalkan orderan ojek online yang terindikasi fiktif.

2. Teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis

Gojek
Gojek. Sumber foto: Website/Gojek.

Seperti yang tercantum dalam Tata Tertib Gojek, demi melindungi keamanan mitra, Gojek sejak awal telah melarang penggunaan perangkat ilegal, seperti fake GPS dan Mod App atau aplikasi modifikasi. Teknologi Gojek telah mempu mendeteksi dan menindak secara otomatis mitra yang menggunakan perangkat ilegal.

Kolaborasi dengan teknologi Gojek SHIELD yang dilaporkan kepada Polda Metro Jaya merupakan bentuk dukungan yang baik, agar dapat langsung ditindaklanjuti untuk menangkap sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal yang beroperasi di Jabodetabek. Berdasarkan hasil investigasi, tersangka menawarkan aplikasi ilegal hasil modifikasi sebagai aplikasi yang seakan-akan kebal penangguhan dan bisa menghasilkan banyak orderan.

Fitur keamanan pada aplikasi Gojek

Gojek
Gojek. Sumber foto: Website/Gojek.

Selain itu, Gojek juga menjalankan pendekatan preventif untuk melindungi para mitranya dari risiko keamanan. Ada fitur Verifikasi Muka, Penyamaran Nomor Telepon, Tombol Darurat, dan Bagikan Perjalanan.

Di masa pandemi ini, Gojek seakan menjadi tulang punggung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Inilah mengapa Gojek berupaya keras memastikan pihak-pihak dalam ekosistem dapat dengan aman dan nyaman menjalankan aktivitas mereka.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓