Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Berjualan Baju

Endah Wijayanti14 Okt 2020, 10:11 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 10:11 WIB
tips black friday

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Siti Maisyaroh

Covid-19 yang kita tahu memang banyak memakan perhatian baik dari Indonesia maupun mancanegara. Banyak perekonomian yang tidak stabil akan dampak dari virus tersebut. Termasuk keuangan di keluarga saya. 

Pada pertengahan bulan Maret 2020 kami sekeluarga harus menerima kabar tidak enak dari sekolah tempat anak kami belajar dan dari perusahaan tempat suamiku bekerja. Mereka terpaksa harus melakukan aktivitas belajar di rumah dan bekerja dari rumah dengan konsekuensi yang sudah pasti penghasilan akan berkurang drastis.

Awalnya kami menjalani sangat santai karena tabungan kami masih cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kami, tapi lama kelamaan tabungan kami sudah benar-benar menipis dan bantuan sosial dari pemerintah pun tidak kunjung datang sampai dengan bulan Oktober ini. Mungkin karena status tempat tinggal kami yang mengontrak jadi kami tidak terdata. 

Akhirnya sampai pertengahan bulan Agustus saya merasa harus bangkit membantu suami dalam hal keuangan. Akhirnya saya gunakan sisa tabungan saya senilai Rp8,5 juta untuk modal dagang pakaian secara online dan offline.

 

Berjuang untuk Terus Bangkit

usaha dagang baju
Bertahan di tengah pandemi./Copyright Siti Maisyaroh

Alhamdulillah Allah SWT membantu kami yang mau bangkit dan berjuang memperbaiki perekonomian keluarga. Dagangan saya di bulan Agustus masih sepi penghasilan kami hanya Rp134.000 saya tetap bersyukur dan tetap berusaha.

Sampai akhirnya saya live streaming setiap hari untuk jualan dan dari penonton saya 1 sampai akhirnya 8 penonton. Ada sebagian dari mereka yang membeli tentunya membuat hati saya semakin bersemangat lagi penghasilan saya pun di bulan September naik drastis menjadi Rp1,5 juta.

Saya terus berjualan secara online dan offline. Sekarang alhamdulillah baru awal bulan Oktober penghasilan saya sudah menembus Rp2 juta, dan saya bisa mempekerjakan kakak saya yang juga terkena dampak Covid-19 ini walau saya belum banyak menggaji kakak saya tapi saya senang akhirnya saya bisa membantu sesama dan saya sangat puas dengan hasil kerja keras saya selama kurang lebih tiga bulan terakhir ini.  

Saya kini telah menjadi super lady boss at home yang bisa membantu sesama, dan saya yakin usaha saya akan terus berkembang lebih besar lagi.  Saat ini saya sudah mempunyai satu admin dan tiga orang sales atau reseller yang membantu saya dalam pemasaran produk. Semua orang itu adalah seorang ibu rumah tangga yang dominan penghasilan suaminya hanyalah ojek online. 

Semoga dampak pandemi covid-19 ini bisa membuat semua wanita bangkit dalam membantu perekonomian keluarga. Dan kita semua bisa kembali lagi ke situasi normal. 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓