Tanda-Tanda Hubungan Masih Layak untuk Dipertahankan

Imelda Rahma14 Okt 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 18:35 WIB
Pasangan

Fimela.com, Jakarta Ketika sudah merasa tidak ada kecocokan lagi diantara kamu dan pasangan, pasti begitu mudah kamu berpikir untuk memutuskan hubungan karena menganggap bahwa yang sedang kalian jalani sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Hal tersebut tentulah wajar dan merupakan ujian bagi setiap hubungan.

Namun, terlepas dari berapa banyak masalah yang ada di hubungan kalian, kamu perlu tahu tanda-tanda apa saja yang membuatmu yakin dan percaya bahwa jalinan kalian masih layak untuk dipertahankan. Memutuskan hubungan dengan orang yang kamu cintai bukan masalah sepele, bisa jadi kalian berdua sama-sama tersakiti.

Oleh karena itu, kamu perlu peka dan tahu, tanda hubungan apa saja yang sekiranya masih pantas kamu perjuangkan. Jika terlambat menyadari hal tersebut, bisa jadi kamu akan menyesal karena telah melepaskan orang yang sangat mencintaimu. Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan berpisah.

Nah, untuk kamu yang hubungannya sedang tidak dalam kondisi baik, bahkan hampir berpisah, perlu melihat ulasan berikut ini. Fimela.com akan mengulas tanda-tanda hubungan masih layak untuk dipertahankan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tetap Memegang Prinsip untuk Saling Terbuka

Tetap Memegang Prinsip untuk Saling Terbuka
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Milan

Pertama, tanda bahwa hubunganmu masih layak dipertahankan ialah ketika kamu dan pasangan masih memegang prinsip untuk saling terbuka sekalipun kalian sering bertengkar dan berselisih pendapat. Jika pasanganmu tidak menyembunyikan sesuatu kepadamu, maka masih ada harapan bahwa hubungan kalian patut untuk dipertahankan.

Prinsip keterbukaan dalam menjalani hubungan adalah hal yang dapat memupuk kepercayaan dan kenyamanan. Jika pasanganmu masih memegang prinsip itu, artinya kamu masih menjadi seseorang yang dia percaya.

Komunikasi Masih Berjalan

Komunikasi Masih Berjalan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/freestocks

Kedua, tanda bahwa hubungan kalian masih layak untuk dipertahankan ialah ketika komunikasimu dengannya masih terus berjalan. Tidak ap ajika kalian selalu bertemu pada situasi yang membuat kalian berdebat, itu tidak masalah karena hal yang wajar. Namun, beda halnya jika komunikasi diantara kalian sudah tidak baik, seperti tidak memberi kabar dan terkesan menghindar.

Namun, jika pasanganmu selalu menghubungi dan menanyakan kabarmu, maka itu sebuah tanda bahwa sebenarnya kalian hanya perlu memperbaiki gaya komunikasi dan lebih saling mengerti. Salah satu solusinya, kalian bisa berdiskusi tentang gaya komunikasi apa yang bisa mengeratkan hubungan sehingga perdebatan dan pertengkaran dapat dihindari.

Tetap Menjadi Pendengar Terbaik

Tetap Menjadi Pendengar Terbaik
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/freestocks

Ketiga, jika pasanganmu sampai detik ini adalah sosok yang paling tepat untuk menjadi pendengar terbaikmu, maka sebaiknya kalian tidak berpisah. Kamu harus tahu bahwa dalam hubungan ada beberapa hal yang perlu kamu maknai secara lebih mendalam. Tentunya hubungan bukan hanya perkara sesuatu yang bersifat romantis, tetapi juga yang dapat memenuhi kebutuhan jiwamu.

Maksud dari kebutuhan jiwa ialah ketika pasanganmu selalu bisa mendengarkan dan menenangkanmu, maka amat sayang jika kamu harus melepas dan kehilangannya. Mungkin kedepan kamu akan menyesal dan sulit menemukan sosok sepertinya. Jadi, jika sampai saat ini dia adalah pendengar terbaik untukmu, artinya hubungan kalian masih layak dipertahankan.

Masalah Masih Bisa Diatasi Bersama

Masalah Masih Bisa Diatasi Bersama
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Aldo

Keempat, tanda bahwa hubunganmu masih layak untuk dipertahankan berikutnya ialah ketika kalian sebenarnya mampu dan bisa mengatasi setiap masalah yang ada. Memang pastinya menjalani hubungan yang penuh drama dan konflik adalah hal yang melelahkan, tetapi jika kalian selalu bisa bertemu pada titik tengah dan berkompromi satu sama lain, artinya hubungan masih punya kesempatan besar untuk bertahan.

Maknai setiap drama dan konflik yang ada sebagai proses untuk saling mengenal dan memahami pasangan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Jangan terpengaruh oleh prasangka bahwa adanya masalah artinya kalian tidak cocok dan harus berpisah, justru masalah itulah yang akan menguji dan menguatkan hubungan.

Tidak Ada Masalah Orang Ketiga

Tidak Ada Masalah Orang Ketiga
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Milan

Terakhir, tanda bahwa hubunganmu masih layak dipertahankan ialah ketika tidak pernah ada masalah orang ketiga masuk ke dalam hubungan kalian. Ini sudah menjadi pertanda mutlak yang baik untuk memerjuangkan hubunganmu dengan pasangan. Pasalnya, jika pasanganmu atau dirimu sudah menyukai orang lain, maka konflik pun akan semakin rumit.

Jadi, jika saat ini kamu dan pasanganmu tidak pernah bertengkar karena masalah orang ketiga, maka sudah sepatutnya kalian saling menghargai hubungan dengan tidak membiarkannya putus begitu saja. Mungkin yang dibutuhkan adalah proses dan waktu untuk lebih saling memahami satu sama lain.

Lanjutkan Membaca ↓