Sukses

Lifestyle

Rasantara Buka Peluang UMKM Makanan dan Minuman Kemasan Berjualan Online saat Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar pada sektor bisnis makanan dan minuman pada Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pandemi ini juga merubah perilaku belanja masyarakat menjadi semakin banyak memanfaatkan layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi kontak secara fisik secara langsung.

Hal tersebut terbukti dari hasil riset kantar pada februari 2020 yang menunjukan peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus merespon dampak perubahan tersebut dengan tepat agar usahanya dapat bertahan hingga pandemik.

Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk fesyen di Indonesia. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor makanan dan minuman kemasan ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop.

“Lewat penjualan daring, saya yakin bisnis UMKM makanan dan minuman tetap dicari. Itu juga yang menjadi tujuan acara ini, yaitu membantu para pengusaha, dan brand-brand makanan dan minuman lokal meningkatkan penjualan daring-nya,” ujar Ibu Victoria br. Simanungkalit, selaku Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Festival Belanja Online Rasantara

Acara yang diberi nama Rasantara yang diambil dari gabungan kata Rasa dan Nusantara ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.

Selain akan menjadi ajang belanja online, acara Festival Belanja Online Kemenkop ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa NGOBROL bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM makanan dan minuman kemasan.

Dan untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Rasantara akan digelar juga sesi live streaming NGOBRAL, yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir.

Para pengunjung dapat mengikuti Live Streaming Festival Belanja Online Rasantara yang akan hadir selama empat hari, yakni tanggal 29 Oktober sampai dengan 1 November 2020.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading