Meminimalisir Penularan Covid-19 di Perkantoran dari Perusahaan Farmasi

Novi Nadya15 Okt 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 11:17 WIB
Manajemen

Fimela.com, Jakarta Klaster perkantoran menjadi lokasi tingkat penularan Covid-19 yang tinggi belakangan ini. perusahaan farmasi yang berspesialisasi di bidang dermatologis MECCAYA Pharmaceutical berbagi tips untuk meminimalisir penularan Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan dan teknologi yang digunakan. 

Protokol kesehatan yang biasanya kerap lalai dan diabaikan adalah saat jam istirahat dan makan siang. Seperti melepas masker dan tidak menjaga jarak yang membuat risiko penularan sangat tinggi. 

"Saat jam makan siang sebaiknya di tempat yang tidak ramai atau dilakukan di meja kerja masing-masing di masa pandemi. Atau di meja yang telah dipasang partisi atau sekat pembatas khusus," ujar Regulatory & Compliance Head MECCAYA Pharmaceutical Yulia Anis.

Selain itu lingkungan perusahaan juga harus diperhatikan terutama dari sisi sirkulasi di tiap ruangan. Seperti lingkungan perusahaan MECCAYA yang telah menggunakan teknologi berbasis plasmacluster yang efektif menonaktifkan virus airborne atau penyebaran virus melalui udara.

"Dengan memasang unit plasmacluster di AHU system atau terpisah dapat secara continous membantu mengatasi virus airborne SARS-CoV-2 yang mengancam di ruangan tertutup," lanjut Tim MECCAYA Tanggap Covid-19 Tia Oktaviani.

Untuk mengurangi risiko tingginya penularan di ruang tertutup, pemilik gedung juga disarankan untuk melakukan evaluasi sirkulasi di setiap ruangan. Serta memitigasi risiko bahaya virus airborne yang menjadi penyebab utama penularan Covid-19. 

“Di perusahaan farmasi seperti kami adanya aturan CPOB mengharuskan ruang produksi yang tertutup untuk menghindari kontaminasi silang, dan sirkulasi udara yang menggunakan HVAC sytem dengan HEPA filter. Penambahan ‘Plasmacusters’ memberikan solusi yang tepat, efektif, dan hemat biaya seperti halnya disinfektasi terhadap virus airborne tapi secara continous sepanjang jam operasi perusahaan sebagai mitigasi pengurangan risiko penularan di ruang tertutup,“ ungkap Tia.

MECCAYA Pharmaceutical membagikan masker
(Foto: Dok MECCAYA Pharmaceutical)

Berbagi dan Berdonasi

MECCAYA Pharmaceutical
MECCAYA Pharmaceutical berbagi dan berdonasi (Foto: Dok MECCAYA Pharmaceutical)

MECCAYA juga melakukan kampanye "TogetherWeCAN" bersama Polsek Tambun, Babinsa Koramil 01 Tambun, dan berbagai elemen masyarakat lain di lingkungan sekitar perusahaan untuk menyalurkan donasi. Di antarnya alat pelindung diri, hand sanitizer, disinfektan, sampai sembako dan suplemen Herbamuno ke beberapa tempat seperti RS Kartika Husada, Puskesmas Tambun, Polsek Tambun, Babinsa Koramil, Kantor Kecamatan Tambun Selatan, dan Kantor Keluaraan Setiadarma.

Tim ‘MECCAYA Tanggap Covid-19’  bersama Polsek Tambun yang diwakili oleh Bapak Kapolsek AKP Gana Yudha Pratama. S.IK. juga melakukan kunjungan ke berbagai pusat keramaian seperti Mall Tambun untuk membagikan masker dan mengingatkan warga untuk selalu mamakai masker ketika beraktivitas keluar rumah. "Satu-satunya pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah disiplin protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yaitu pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak serta hindari kerumunan yang harus dilakukan secara disiplin bersama," tutup President Director MECCAYA Pharmaceutical Ricky Surya Prakasa.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓