5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Komedo di Wajah Secara Alami

Kezia Prasetya Christvidya16 Okt 2020, 14:35 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 14:35 WIB
manfaat-kezo

Fimela.com, Jakarta Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, yang muncul akibat pori-pori tersumbat kotoran, minyak atau bakteri penyebab jerawat. Sebenarnya komedo ini tidak menyebabkan masalah kulit yang parah, tapi adanya komedo di wajah bisa merusak penampilanmu.

Ternyata untuk mengatasi komedo dan merawat kecantikan wajah, bisa menggunakan daun jambu biji yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti buah jambu biji yang dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh dan merawat kecantikan.

Daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan, bersifat antibateri, anti inflamasi, vitamin C dan tannin. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah, dilansir dari Brilio.net:

Mengatasi Komedo

ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Tachjang/shutterstock
ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Tachjang/shutterstock

Komedo merupakan benjolan kecil yang ada di pori-pori kulit. Komedo disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori akibat produksi minyak yang terlalu banyak, dan jarang membersihkan riasan sehingga pori-pori tersumbat sisa riasan, .

Komedo ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Walaupun komedo tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi komedo yang terinfeksi bakteri bisa memicu munculnya jerawat di wajah, kulit menjadi kemerahan hingga bengkak.

Untuk mengatasi komedo di wajah, kamu bisa menghaluskan jambu biji dan sedikit air, lalu scrub dan gosok perlahan bagian kulit yang ada komedonya. Kemudian cuci wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap 2 kali dalam seminggu.

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/StockImageFactory.com/shutterstock
ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/StockImageFactory.com/shutterstock

Penuaan dini sering terjadi pada seseorang yang mulai menginjak usia 20 tahun. Penuaan dini ini terjadi karena hormon, gaya hidup kurang sehat, terlalu sering menggunakan riasan dan sering terpapar sinar matahari.

Munculnya penuaan dini pada kulit ini, ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, kulit menjadi lebih kusam, kantong mata menggelap, kurangnya elastisitas kulit hingga munculnya flek hitam di wajah.

Tanda-tanda penuaan dini ini bisa dicegah dengan menggunakan daun jambu biji. Karena daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit, serta mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari serangan radikal bebas.

Untuk mencegah penuaan dini, rutinlah mengonsumsi air rebusan daun jambu biji, serta mencuci wajah dengan air rebusan daun jambu biji yang sudah didinginkan terlebih dahulu.

Mengatasi Kulit Berjerawat

ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Rembolle/shutterstock
ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Rembolle/shutterstock

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering muncul pada perempuan yang mulai menginjak usai pubertas. Jerawat bisa saja disebabkan karena faktor hormonal, faktor keturunan, pola hidup yang kurang sehat, salah menggunakan produk kecantikan dan lain sebagainya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul di kulit. Mulai dari melakukan perawatan di salon, menggunakan produk perawatan kulit, hingga merawat kulit dengan bahan alami, seperti menggunakan daun jambu biji.

Daun jambu biji bisa digunakan sebagai masker wajah yang bisa mengatasi jerawat. Caranya hancurkan beberapa daun jambu biji dan campur dengan 1sdt madu atau 1sdt air jeruk nipis. Oleskan pada bagian wajah berjerawat, lalu tunggu hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

Mengatasi Ruam Kulit

ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/RinaOkta/shutterstock
ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/RinaOkta/shutterstock

Daun jambu biji juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi ruam kulit. Kulit ruam biasanya terjadi akibat infeksi, alergi atau salah menggunakan produk tertentu.

Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Sehingga bisa membantu mengatasi ruam yang disebabkan karena infeksi dan alergi. Sifat daun jambu biji sebagai anti inflamasi ini, bisa membantu menghilangkan kemerahan di kulit, mengatasi peradangan dan mengurangi rasa gatal.

Untuk mengatasi ruam kulit ini, tumbuklah beberapa daun jambu biji hingga halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami ruam. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.

Mencegah Rambut Rontok

ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Anderson Miranda/pexels
ilustrasi manfaat daun jambu biji untuk kecantikan yang bisa mengatasi komedo di wajah/Anderson Miranda/pexels

Selain baik untuk menjaga kecantikan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit, ternyata daun jambu biji juga bisa membantu menjaga kecantikan rambut, seperti membantu mengatasi rambut rontok.

Daun jambu biji bisa dijadikan masker rambut alami, yang bisa membantu menguatkan akar rambut dan memperbaiki kerusakan rambut, sehingga rambut tidak mudah patah atau rontok.

Ambillah segenggang daum jambu biji, lalu redus dengan 1 liter air selama 20 menit, setelah itu gunakanlah sebagai masker rambut dan pijat-pijat kepalamu, lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

Lanjutkan Membaca ↓