Fimela Fest 2020: 4 Tips Agar Berani Menciptakan Perubahan dalam Karier

Karla Farhana16 Okt 2020, 20:19 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 20:19 WIB
glass ceiling

Fimela.com, Jakarta Hidup memang mensyaratkan banyak perubahan. Termasuk perubahan dalam dunia kerja dan kariermu. Meski tidak salah jika terus mengabdi pada sebuah perusahaan hingga 10 tahun lamanya, namun perubahan tetap harus kamu ciptakan agar kamu bisa tumbuh bersama perusahaan tersebut. 

Perubahan karier memang terkesan menakutkan pada awalnya. Bayangkan saja, kamu yang sudah menjalani rutinitas yang sama selama bertahun-tahun pasti akan merasa tidak nyaman jika harus menjalani rutinitas baru. Belum lagi lingkungan yang berbeda, dan tugas-tugas berbeda yang harus kamu kerjakan. 

Meskipun begitu, perubahan dalam karier itu kewajiban. Tapi, bukan berarti kamu harus resign dari kantor. Ada begitu banyak bentuk perubahan dalam kariermu. Syaratnya, perubahan tersebut harus membuatmu tumbuh dan menambah kemampuan baru. Dilansir dari Escapehecity.org, berikut beberapa cara menumbuhkan keberanian. 

1. Fokus pada pertumbuhan

perempuan milenal
Perempuan milenial sukses berkarier./Copyright shutterstock.com

Jangan fokus pada hasil akhir atau bertanya-tanya mau menjadi apa kamu nanti. Tetapi, cobalah fokus pada ilmu dan kemampuanmu yang bertambah jika kamu menjalani perubahan karier tersebut. 

2. Jangan Stres

Berusahalah dengan sebaik-baiknya. Keluarkan semua jerih payahmu, tapi jangan stres. Intinya, kamu harus memulai perubahan tersebut, dan belajar mengenai banyak hal baru yang kamu temui di dunia kerja yang baru. 

3. Coba Hal Baru

Sesuatu yang baru memang sangat mengerikan pada awalnya. Kamu takut gagal, takut mengecewakan orang lain, dan terutama dirimu sendiri. Tapi, ini semua normal, kok. Jangan takut untuk mencoba hal baru. Jikapun gagal, masih kesempatan lain untuk memperbaikinya. 

4. Take Your Time

Ingat, perubahan itu membuthkan waktu. Begitu juga kamu dalam mempelajari semua hal baru. Jadi, jangan buru-buru. Cobalah untuk lebih santai, namun konsisten untuk berusaha menyesuaikan diri dengan situasi yang baru. 

#Changemaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓