Sekolah Tinggi tapi Cuma Mengurus Anak? Aku Nyaman Menjalaninya

Endah Wijayanti20 Okt 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 07:34 WIB
perubahan setelah berumahtangga

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Rhisma Yanti

Banyak teman yang selalu bertanya kepadaku kenapa aku tidak berkarier di luar rumah padahal sekolahku tinggi? Aku hanya bisa tersenyum dan mengatakan bahwa waktu tidak dapat diputar kembali dan kodrat seorang perempuan adalah menjadi ibu yang seutuhnya untuk anak-anak mereka.

Bagiku seorang ibu adalah ibarat guru dan sekolah pertama bagi anak-anaknya maka didiklah anak-anak kita dengan baik. Berikan kasih sayang dan perhatian besar untuk anak-anak karena anak-anak punya fase bahwa mereka juga punya alur hidup yang berbeda. Banyak orangtua yang menyesal di hari tuanya karena saat mereka pensiun dan punya banyak waktu untuk anak-anak tapi anak-anak mereka yang tiba saatnya mempunyai kesibukan sendiri dan punya dunia sendiri karena umur semakin dewasa dan terkadang anak-anak lebih nyaman gabung dan jalan dengan teman-teman mereka dibandingkan orangtua mereka sendiri.

Ya ini adalah risiko orangtua jika di hari pensiun hanya ditemani oleh rasa kesepian. Padahal seharusnya semua orangtua sadar bahwa saat anak-anak kecil mereka butuh lebih banyak waktu dari orangtua mereka. Mereka butuh lebih banyak kasih sayang dan perhatian. Mereka butuh lebih banyak pelukan. Mereka butuh diajak berjalan-jalan meskipun hanya mengelilingi kompleks perumahan. Waktu tidak dapat diputar kembali dan melihat tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat berarti dalam hidup kita sebagai orangtua.

Memberikan yang Terbaik untuk Buah Hati Tercinta

membaca nyaring
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Aku sangat menyukai dunia anak-anak itu sebabnya aku menambah titelku yaitu pendidikan anak. Aku selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kedua putraku, dan yang paling penting aku yang harus mengatur sendiri semua kebutuhan anak-anakku, bahkan untuk ajaran agama buat mereka aku yang memberikan contoh untuk mereka. Aku pernah mendengar bahwa jika seorang ayah tidak baik maka belum tentu anak tidak baik, tapi jika seorang ibu tidak baik maka sudah pasti anak juga tidak baik. Itu sebabnya didiklah anak-anak dengan ilmu yang terbaik yang kita miliki dan berikan contoh hal yang baik untuk anak-anak.

Dan bagiku seharusnya pendidikan tinggi seorang wanita diimplementasikan ke dalam rumah mereka sendiri termasuk dalam mendidik anak-anak, bukankah bekerja tidak harus keluar rumah dan meninggalkan anak-anak? Jadilah bos di rumahmu sendiri menghasilkan aset berharga yang akan berguna untuk kehidupan abadi kita nanti. Aamiin. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓