Sukses

Lifestyle

Jurus Jitu yang Bikin Si Kecil Disiplin Jaga Kebersihan, Nggak Harus Pakai Teori Membosankan

Fimela.com, Jakarta Membiasakan anak menjaga kebersihan diri mungkin jadi PR tersendiri buat para ibu. Apalagi kebiasaan ini penting banget dilakukan di masa pandemi, demi mencegah penularan virus yang bisa mengancam kesehatan keluarga. Berbagai cara pun dilakukan oleh para ibu demi bisa menanamkan gaya hidup menjaga kebersihan dalam diri anak. Mulai dari mengingatkan untuk cuci tangan secara teratur sampai mendampingi dengan memberi contoh agar dapat langsung dipraktekan sang buah hati.

Tapi, namanya anak-anak kadang ada rasa malas buat mengikuti arahan ibu saat sedang asyik bermain atau nggak ingin diganggu. Kata-kata dan teori saja nggak cukup buat mereka membiasakan diri menjaga kebersihan. Ibu juga perlu menerapkan beberapa cara kreatif yang kasih bukti kalau menjaga kebersihan itu nggak hanya sehat, tapi juga fun. Apa saja sih?

 

Bikin Kegiatan Cuci Tangan Jadi Lebih Menyenangkan

Kegiatan cuci tangan yang gitu-gitu aja jelas terasa membosankan buat si kecil. Biar anak lebih tertarik dan mau cuci tangan tanpa banyak drama, ibu bisa mulai memikirkan cara yang lebih seru. Jangan hanya menyuruh anak, ibu sebaiknya juga ikut terlibat, menggandeng si dia ke wastafel, dan cuci tangan bersama sambil bernyanyi lagu 'Selamat Ulang Tahun' dengan tempo yang tepat sebanyak dua kali. Cara ini bisa membuat kegiatan cuci tangan jadi lebih menyenangkan.

Alternatif lain, ibu bisa memberikan satu keping biskuit favoritnya setiap kali anak selesai mencuci tangan. Jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lama-lama anak pasti akan terbiasa dan melakukannya sesuai kesadaran sendiri kok.

 

Pesta Busa Sabun Saat Mandi, Dijamin Si Kecil Happy

Anak-anak biasanya susah banget diajak mandi. Padahal si kecil baru saja seharian main di halaman rumah, tapi saat diajak mandi malah lari ke sana ke mari, bahkan bersembunyi yang bikin ibu kewalahan sendiri. Merasa sangat familiar dengan cerita ini?

Mungkin waktunya ibu membuat ritual mandi jadi kegiatan bermain yang lebih menyenangkan buat anak. Misalnya dengan bikin pesta busa sabun yang pastinya disukai anak-anak. Sambil mandi, ajak ia membuat gelembung sabun sebanyak-banyaknya. Bisa juga dengan membawa mainan kesayangannya supaya anak lebih tertarik dan happy saat melakukan kegiatan yang satu ini.

Lomba Buang Sampah Pada Tempatnya

Membiasakan si kecil buang sampah sendiri juga jadi bagian dari ritual menjaga kebersihan diri, lho. Hal ini bisa membuat anak lebih peka dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya. Supaya lebih menyenangkan saat diterapkan oleh anak, ibu bisa membuat kegiatan yang seru. Misalnya dengan membuat mini lomba membuang sampah pada tempatnya. Ajak si kecil berlomba mengumpulkan poin dari buang sampah pada tempatnya.

Beri ia nilai 10 setiap 1x membuang sampah sendiri. Saat sudah terkumpul 500 poin, ia bisa menukarkannya dengan mystery box yang berisi barang kesukaannya. Pastinya si kecil jadi penasaran dan bikin ia makin rajin buang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Ajak Anak Jadi Model Cilik dengan Mix and Match Baju Sendiri

Ganti pakaian rutin setiap hari sangat penting untuk mencegah bakteri dan kuman menempel pada tubuh yang bisa menyebabkan penyakit. Namun, cara ini nggak melulu hanya dengan ritual ganti baju yang membosankan begitu saja. Ibu bisa mengajak anak menjadi model cilik dengan memilih dan mix and match bajunya sendiri. Jangan lupa buat mengabadikan OOTD anak, siapa tahu hal ini menumbuhkan minat dan bakatnya di masa depan.

Kalau pakaian bersih dan wangi, si kecil pasti akan betah dan lebih happy saat mix and match pakaiannya sendiri. Jadi, pastikan menjaga baju anak dan keluarga tetap bersih, harum dan juga bebas bakteri.

Untuk itu, selektiflah dalam memilih produk kebersihan pakaian, terutama di masa pandemi seperti ini. Urusan satu ini, ibu bisa mengandalkan Deterjan DAIA yang menggunakan teknologi Dual Scent. Sebab, teknologi Dual Scent pada Deterjen DAIA ini mampu mengenkapsulasi dua parfum tak sama yang dapat menghasilkan wangi berbeda dalam setiap sentuhan, sehingga pakaian jadi lebih harum dan memiliki wangi yang tahan lama.

 

Selain itu, deterjen yang dipilih Nielsen pada 2019 sebagai deterjen nomor satu di Indonesia ini juga efektif membunuh kuman dan bakteri, sehingga bisa membuat keluarga lebih terlindungi. Menariknya lagi, Deterjen DAIA hadir dalam lima varian, yaitu Bunga, Lemon, Putih, Deterjen + Softener Pink dan Violet. Dengan beragam keunggulan pada masing-masing variannya, pakaian yang dicuci menggunakan Deterjen DAIA pun bisa lebih bersih, wangi tahan lama, dan warnanya tetap stand-out atau tak mudah luntur.

Selama masa pandemi, keceriaan si kecil mungkin mulai berkurang karena ia tidak bisa bermain di luar atau bertemu dengan teman-teman lainnya. Namun, ibu bisa membantu mengembalikan keceriaan si kecil dengan membuat #HariHariWarnaWangi biarpun di rumah saja kok. Banyak aktivitas positif yang menarik dilakukan untuk memberikan keceriaan dalam keluarga dari rumah saja. Misalnya, dengan berpartisipasi dalam #IndonesiaBerDAIA, sebuah kampanye inspiratif yang diadakan Deterjen DAIA secara digital.

Lewat program tersebut, Deterjen DAIA yang terkenal dengan semangat gotong royong ingin mengajak konsumen mengikuti activity yang diselenggarakan di akun Instagram @DaiaDetergent hingga Desember mendatang. Kegiatannya juga seru lho untuk diikuti seluruh anggota keluarga, misalnya Photo Competition, IG Filter Challenge, sampai TikTok Challenge. Jadi, kita dan si kecil bisa tetap aktif, kreatif dan percaya diri meski hanya di rumah aja.

Pastikan kamu stay tuned terus di akun Instagram @DaiaDetergent biar nggak ketinggalan informasi dari activity yang diselenggarakan. Pastinya ada hadiah menarik yang bisa diburu, jadi jangan sampai kelewatan ya!

Jangan lupa lindungi terus kebersihan pakaian keluarga dengan Deterjen DAIA yang bisa kamu beli langsung di Wings Official Store yang ada di e-commerce dengan klik di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading