FIMELA FEST 2020: 4 Cara Kembali Percaya Diri setelah Mengalami Kegagalan

Endah Wijayanti20 Okt 2020, 09:44 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 09:44 WIB
berusaha bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat baru mengalami kegagalan, biasanya kita akan langsung sedih dan merasa rendah diri. Pastinya sedih sekali saat usaha yang sudah kita kerahkan ternyata berakhir sia-sia. Saat hasil yang ada jauh dari harapan, kadang kita akan merasa seolah sudah tidak punya harapan lagi.

Untuk kembali percaya diri setelah mengalami kegagalan, jelas kita butuh waktu. Tak apa bersedih, tapi secukupnya saja. Tak apa merasa kalah, selama tidak terus tenggelam dalam perasaan merana. Selalu ada harapan dan titik terang baru untuk kita setelah mengalami kegagalan.

1. Membangun Rutinitas Baru

Ciptakan aktivitas dan rutinitas yang kamu nikmati dan bisa meningkatkan kualitas hidupmu. Perluas pengalaman baru. Temui orang-orang yang bisa memberi pengaruh positif dalam hidupmu. Dari sini, perlahan-lahan kamu bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri dan nyaman menjalani rutinitas barumu.

2. Maafkan Diri Sendiri 

Kita semua pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. Begitulah kehidupan yang kita jalani. Kita pernah menyesali sesuatu. Jangan sampai hal itu menjadi pencegah atau penghalangmu untuk bahagia. Maafkan diri sendiri, apa pun itu. Sebab biasanya saat kita baru gagal, ada kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri yang malah akan memperburuk keadaan. Lepaskan rasa bersalah dan penyesalan itu. Dengan begitu, kamu bisa punya kekuatan dan energi lebih banyak untuk membangun hidup yang lebih baik lagi ke depannya.

3. Meningkatkan Penampilan

meningkatkan rasa percaya diri
Meningkatkan rasa percaya diri./Copyright shutterstock.com/g/Chankowet

Mengganti sedikit penampilan, entah gaya rambut, riasan pada wajah, atau pakaian yang kita kenakan bisa menghadirkan rasa nyaman tersendiri. Cobalah untuk meningkatkan penampilanmu sesuai dengan kenyamananmu. Dengan cara ini, kamu bisa semacam membuat penanda bahwa kegagalan yang telah terjadi merupakan awal baru. Penampilan baru bisa memberi motivasi akan harapan baru.

4. Berterima Kasih pada Semuanya dan Melangkah ke Depan

Tak harus setiap saat kita bersikap keras pada diri sendiri. Adakalanya perlu ambil jeda dan waktu untuk menepuk bahu sendiri dan berterima kasih atas segala hal yang sudha kita lakukan. Berterima kasihlah pada semuanya, termasuk pada dirimu sendiri yang sudah mau berupaya. Setidaknya dari kegagalan yang terjadi, kamu sudah berhasil menaklukkan diri sendiri melakukan sesuatu yang berbeda dan lebih luar biasa dari sebelumnya. Setelah itu, melangkah ke depan dan lanjutkan hari-harimu dengan rencana-rencana berbeda.

Selalu ada kesempatan untuk berubah jadi lebih baik, sekalipun baru mengalami kegagalan. Yuk  ikuti FIMELA FEST 2020 untuk membuat perubahan yang lebih istimewa dalam hidupmu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓