Depok Bakal Jadi Lokasi Simulasi Perdana Vaksin COVID-19

Karla Farhana20 Okt 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 19:30 WIB
Teori Konspirasi Seputar Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pekan ini akan menggelar simulasi vaksin COVID-19 di Kota Depok. Liputan6 menulis, simulasi ini merupakan respon atas kehadiran vaksin tahap pertama yang dibeli pemerintah pusat dari 3 produsen; Sinovac Biotech, Sinopharm, dan CanSino Biological.

Rencananya, akan ada 9,1 juta warga Indonesia yang akan divaksin pada November-Desember 2020. Tim dari Kementerian Agama, MUI, dan BPOM kini tengah mengecek keamanan dan kehalalan vaksin tersebut. 

"Minggu ini kami ada rencana melakukan simulasi persiapan penyuntikan vaksin di Kota Depok. Kemungkinan Kamis (22/10), sebagai respons persiapan adanya gelombang I vaksin untuk Republik Indonesia," ujar Ridwan seperti dikutip dari Liputa6. 

Bogor dan Bekasi

[Fimela] Vaksin
Ilustrasi vaksin corona | pexels.com/@rethaferguson

Selain Kota Depok, otoritas Ridwan kamil juga telah mengajukan daerah lain, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota dan Kabupaten Bekasi. 

Pasalnya, seluruh daerah tersebut memiliki tingkat keterpaparan yang sangat tinggi. Namun, kawasan Bogor, Depok, dan Bekasi dipilih karena hanya memiliki seribu tenaga penyuntik vaksin yang sudah dilatih.

#ChangeMaker

 

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓