Daftar Makanan Cegah Osteoporosis Sejak Dini Rekomendasi Dokter

Anisha Saktian Putri22 Okt 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 09:30 WIB
tulang-kezo

Fimela.com, Jakarta Berdasarkan data International Osteoporosis Foundation, 1 dari 3 wanita usia di atas 50 tahun dan 1 dari 5 pria di atas 50 tahun berisiko mengalami patah tulang akibat Osteoporosis dan bahkan setiap 3 detik terjadi patah tulang akibat penyakit ini.

Penayakit tulang ini identik dengan orang tua, padahal sedari usia muda kita bisa mencegahnya agar saat tua nanti kita terbebas dari Osteoporosis.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, Sp.GK-K menyampaikan untuk mencegah Osteoporosis dengan gaya hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

"Protein, kalsium, dan vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot," ujar DR. dr. Fiastuti dalam rangkaian edukasi Anlene Bersama PEROSI dan PERWATUSI.

DR. dr. Fiastuti mengatakan vitamin yang diperlukan bisa didapati dari makanan dan minuman sehari-hari seperti daging ayam dan telur untuk protein tinggi, atau tahu, salmon, dan segelas susu yang merupakan sumber kalsium dan vitamin D

"Bisa juga konsumsi kedelai seperti, sayuran yang membantu melengkapi kebutuhan kalsium. Atau yogurtm keju, dan ikan yang dimakan tulangnya seperti teri," tambahnya.

Untuk melengkapi vitamin D, disarankan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Dan terpenting hindari konsumsi alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kopi dan soda agar penyerapan kalsium dan pembentukan tulang baru berlangsung optimal dalam tubuh.

Faktor risiko

ilustrasi cara mencegah osteoporosis sejak dini/freepik.com
ilustrasi cara mencegah osteoporosis sejak dini/freepik.com

Untuk mencegah Osteoporosis, sahabat Fimela juga harus mengenali faktor risikonya. Hal ini agar kita dapat mengetahui apa saja yang harus kita hindari.

Seperti faktor yang dapat diubah hindari konsumsi alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kopi dan soda agar penyerapan kalsium dan pembentukan tulang baru berlangsung optimal dalam tubuh. Pola makan yang buruk, konsumsi garam berlebihan, kurang aktivitas fisik dan sinar matahari.

Faktor yang tidak dapat diubah, Usia, Gender, Ras, Riwayat Keluarga, Haid Pertama yangterlambat, Menopause Dini, dan Riwayat PatahTulang

Fonterra Brands Indonesia, melalui brand Anlene, bersama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) mengadakan program ‘Love Your Bones, Protect Your Future’ dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional 2020. Program ini mencakup rangkaian edukasi virtual melalui Instagram Live dan tiga sesi WhatsApp Class dengan menghadirkan pakar dari PEROSI untuk membahas seputar kesehatan tulang, sendi, dan otot beserta latihan fisik pendukungnya.

'Beradaptasi dengan situasi pandemi tahun ini, kami meningkatkan komitmen dalam memberikan edukasi yang kontinu hadir dalam format virtual agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Sejak awal pembatasan berskala besar bulan Maret lalu, Anlene selalu mendampingi masyarakat untuk tetap aktif bergerak di rumah, melalui digital challenge seperti Move at home, Yoga Challenge, HAORNAS 14 Days Challenge, dan menyosialisasikan pentingnya nutrisi untuk menjaga kebebasan bergerak hari ini dan nanti," papar Rhesya Agustine, Marketing Manager Anlene, Fonterra Brands Indonesia

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓