Mengelola Bisnis Sendiri, Berkah Sari Lemon di Tengah Pandemi

Endah Wijayanti22 Okt 2020, 08:35 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 08:35 WIB
sari lemon

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Dwie Muharrani

Halo Fimela,

Perkenalkan nama saya Dwie, saya adalah seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak. Saat ini usia saya 36 tahun, dan profesi saya adalah full time mom. Sejak memutuskan untuk resign dari pekerjaan dua tahun lalu, saya mengambil langkah untuk berjualan online di rumah agar tetap memiliki pemasukan sendiri. Berawal dari hobi saya yang suka dengan minuman berbahan lemon, akhirnya saya memutuskan untuk menjalani bisnis jualan sari lemon. 

Untuk meminimalisir pengeluaran produksi, saya mendesain sendiri logo kemasan dan melakukan pemotretan produk sendiri. Karena salah satu kunci sukses adalah foto yang menarik. Untuk langkah awal, saya mempromosikan produk saya ke teman-teman dan saudara. Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan produk saya sudah terjual 500-an botol. 

Tetap Semangat

lemon
ilustrasi lemon/copyright unsplash/Caroline Attwood

Sejak adanya pandemi covid-19 permintaan akan sari lemon semakin meningkat, hal ini dikarenakan bahwa lemon sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di awal-awal masa pandemi harga Vitamin C mengalami peningkatan sehingga banyak orang yang beralih ke produk herbal dan alami.

Banyaknya permintaan membuat saya sedikit kewalahan, apalagi pasokan buah lemon lokal yang biasa saya gunakan mengalami penurunan stok di petani, dan harganya pun sedikit naik. Tapi demi kesehatan bersama, saya tetap berjualan tanpa harus menaikkan harga produk sari lemon saya. Hanya dengan sedikit mengubah tampilan kemasan tanpa mengurangi kualitas dari produk tersebut. 

Inilah keuntungan jika mengelola bisnis sendiri, kita bisa bebas menentukan mana yang terbaik untuk produk tanpa harus mengecewakan konsumen. Meskipun saat ini pandemi belum berakhir, saya tetap semangat menjalani bisnis dari rumah. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓