6 Cara Mengejutkan yang Dapat Mendukung Imun Tubuh

Annissa Wulan27 Okt 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi orang bahagia

Fimela.com, Jakarta Imun tubuh sedang menjadi pembicaraan paling populer saat ini. Ya, di tengah pandemi, imun tubuh adalah satu-satunya cara untuk memastikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar tetap sehat.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa cara mengejutkan yang dapat mendukung imun tubuh. Penasaran?

1. Mengonsumsi lebih banyak bawang putih

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Jagiellonian di Polandia, bawang putih adalah agen antimikroba dan penguat imun tubuh. Yang perlu diingat adalah bahwa panas dapat menonaktifkan kekuatan pendukung imunnya, jadi jika kamu memasak bawang putih, sajikan dengan sesuatu yang dingin.

2. Mengonsumsi suplemen

Suplemen dengan kandungan vitamin C, D3, seng, dan astragalus dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Mengonsumsi suplemen setiap hari dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga imun tubuh tetap dalam kondisi prima.

3. Menjaga waktu tidur yang cukup

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Menurut sebuah studi di University of Tubingen di Jerman, tidur dan sistem sirkadian adalah pengatur kuat proses imunologi. Pada dasarnya, kekurangan tidur berkepanjangan dapat mengarah pada produksi sel yang menyebabkan peningkatan defisiensi imun.

4. Lebih sering menggerakkan tubuh

Olahraga yang dilakukan secara teratur sangat penting untuk imun tubuh. Olahraga membantu sel-sel sistem kekebalan bersirkulasi lebih cepat.

5. Berjemur

Makanan
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati dan mendukung imun. Menurut sebuah penelitian di Universitas Georgetown, paparan sinar matahari dapat memberi energi pada sel T yang memainkan peran sentral dalam imun tubuh manusia.

6. Lebih banyak tertawa

Tertawa ternyata dapat membatasi kadar hormon stres dan meningkatkan jenis sel darah putih yang dapat meningkatkan imun tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih banyak tertawa, bukan?

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by