Bisnis Mudah yang Bisa Dikerjakan di Rumah dengan Waktu Fleksibel

Endah Wijayanti22 Okt 2020, 12:35 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 12:35 WIB
ibu rumah tangga bekerja

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh:  Lilik Suryani

Banyak temanku yang setelah menikah masih berkarier. Ada juga yang merintis bisnis rumahan seperti membuka usaha pesanan aneka kue/camilan, katering, fashion, dsb. Namun tak sedikit pula memilih fokus sebagai ibu rumah tangga yang mengurus anak dan pekerjaan rumah sendiri, seperti aku.

Sebelumnya aku pernah memulai usaha menjual pulsa di rumah. Tak hanya melayani isi pulsa, tersedia juga pulsa token, paket data dan top up uang elektronik. Berawal dari coba-coba membuka usaha dengan modal di bawah Rp500.000 rupiah, penjualan sangat baik walaupun sudah banyak usaha yang sama di warung daerah sekitar.

Aku memilih usaha ini karena aku menyadari bahwa aku tak memiliki keahlian membuat kue, memasak maupun berjualan produk barang. Usaha ini sangat mudah dijalankan dan fleksibel waktunya. Tak perlu persiapan yang ribet. Ketika aku membuka pintu rumah, di saat itulah aku sudah bisa melayani pembeli.

Menambah Penghasilan dari Rumah

usaha di rumah
Mencari tambahan penghasilan dari rumah./Copyright Lilik Suryani

Aku mengontrak bulanan di sebuah rumah petak. Aku pun tak punya etalase layaknya operator pulsa yang berada di pinggir jalan. Tetapi hal itu tidak membuat penjualan sehari-hari menurun. Tentu saja pelangganku adalah tetangga di sekitar rumah. Dari anak SD, remaja, hingga orang dewasa. Bagiku tidak melelahkan dalam menjalani usaha ini bahkan pekerjaan rumah tetap bisa kukerjakan. Lagipula aku baru memiliki satu putra yang berusia lima tahun.

Terkadang saat melayani pelanggan, aku sedang melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, memasak atau menyetrika pakaian. Aku bersyukur berapa pun hasil yang kudapat, alhamdulilah. Tepat di bulan Oktober tahun lalu adalah transaksi penjualan terakhir usahaku ini. Sebab itu aku berbagi cerita karena teringat kembali saat aku menjadi pemimpin wanita di rumah, mengurus usaha kecil-kecilan sambil mengerjakan tugas rumah.

Apa pun yang kita lakukan di rumah sebagai ibu maupun istri  sangatlah berharga. Memiliki karier, usaha sampingan atau fokus mengurus rumah tangga juga membanggakan sekali.  Jalani dengan ikhlas, diawali dengan doa semoga yang sedang atau sudah kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik di masa depan. Layaknya seperti mengayuh sepeda, teruslah berjalan hingga sampai ke tujuan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓