BERANI BERUBAH: Jennifer Kenalkan Matcha Sehat Lewat Minuman Enak, Gooma

Anisha Saktian Putri22 Okt 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 17:48 WIB
Varian minuman matcha dari Gooma/dok. Jennifer

ringkasan

  • Jennifer Efferin bisnis minuman sehat yang diberi nama Gooma
  • Gooma brand asli Indonesia dari tahun 2018, yang menawarkan minuman berbahan dasar matcha.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Di era modern seperti saat ini, perempuan memang tidak ada halangan untuk menggapai cita-citanya. Mulai dari pendidikan yang tinggi, hingga memiliki bisnis agar perempuan lebih mandiri.

Seperti Jennifer Efferin yang memilih lebih mandiri dan membantu finansial keluarga dengan bisnis minuman sehat yang diberi nama Gooma. 

“Zaman sekarang kita harus pintar cari uang, tidak bergantung dengan orang lain. Suami juga senang kita bantu dalam soal finasial. Jadi saya putuskan untuk bisnis,” ujar Jennifer kepada Fimela. 

Jennifer menjelaskan jika Gooma sendiri merupakan  brand asli Indonesia dari tahun 2018, yang menawarkan minuman berbahan dasar matcha. Selain enak, minuman ini juga lebih menyehatkan. Matcha merupakan teh hijau asal Jepang yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, dapat menenangkan pikiran, membantu mengurangi berat badan serta mencegah penyakit kanker.

Berawal dari bazzar, kini Gooma memiliki enam outlet di Jakarta, Bandung, dan Tanggerang. “Awalnya kita buka bazzar di Bandung, dari situ ditawarin untuk buka outlet di mall Bandung tersebut. Akhirnya kami buka di sana tahun 2018. Dan di tahun 2019 baru kita buka di Mall Kelapa Gading, Jakarta,” paparnya.

Tentu, trial and error saat memulai bisnis pun dialami oleh Jennifer bersama suami, seperti takaran yang kelebihan susu, terlalu manis, dan mencari matcha langsung ke Jepang. 

“Saya memang suka makan jadi ngulik-ngulik resep sendiri. Resep full saya yang buat, awalnya takaran tidak pas dan kemanisan, sampai ganti-ganti matcha yang pas seperti apa. Biasanya saya melibatkan keluarga dan tim di outlet untuk mencicipi menu baru. Banyak masukan dari situ,” ujarnya. 

Selain itu, ada tantangan lainnya yang ibu satu anak ini hadapi misalnya mengedukasi masyrakat jika brand lokal memiliki kualitas yang lebih baik dari brand luar. Hingga manfaat matcha itu sendiri.

“F&B grup kecil apalagi dari Indonesia ini sulit berkembang karena masyarakat masih lebih percaya sama brand luar. Padahal kalau dilihat, kualitas lebih baik brand lokal karena bahan-bahan dengan kualitas yang baik dan harga lebih terjangkau. Serta ngasih tau masyarakat kalau matcha itu menyehatkan, kan mikirnya matcha itu pahit. Tapi setelah mencoba akhirnya jadi suka karena enak,” tuturnya. 

GOOMA juga menggunakan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas untuk setiap minumannya, misalnya lewat matcha fusion yang menggabungkan matcha dengan buah-buahan seperti banana, watermelon, strawberry, dll. Agar semakin yakin produknya ini minuman sehat, Jennifer pun bertanya pda ahli gizi tentang manfaat matcha itu sendiri. 

“Jadi temen memang ada dokter gizi, jadi saya sekalian tanya-tanya tentang produk saya ini. Kami juga menggunakan pure matcha. Pakai berbagai susu pilihan, jadi masih cocok untuk yang sedang diet atau alergi susu. Tetap aman minum matcha dari Gooma," paparnya.

Jennifer Efferin
Jennifer Efferin

Varian menu baru di tengah pandemi

Menu baru GOOMA X Australia’s Own
Menu baru GOOMA X Australia’s Own

Jennifer mengatakan pandemi ini memang menjadi tantangan tapi Gooma selalu mempertahankan kualitas dengan menggunakan bahan-bahan yang tetep sama dan tidak menaikan harga. Bahkan, meluncurkan varian baru untuk membuat costumer semakin senang.

“Berawal dari sekitar 2 bulan lalu ketika kami mengeluarkan varian Almond Milk sebagai variasi susu yang ternyata direspon positif oleh konsumen karena banyak sekali konsumen yang sebenarnya lactose intolerant tapi karena mereka benar-benar suka dengan minuman kami jadi mereka bela- belain untuk tetap minum. Lalu, kami diajak untuk mencoba rice milk dari Australia’s Own, kami ternyata suka dan ini juga bisa jadi opsi untuk konsumen yang mengkonsumsi dairy free, sehingga kami merespon positif kolaborasi ini, walai di tengah pandemi, tapi untuk membuat costumer senang jadi kita luncurkan menu baru,” papar.  Jennifer 

Varian terbaru ini GOOMA berkolaborasi dengan sebuah brand rice milk organik, Australia’s Own. Kolaborasi GOOMA X Australia’s Own ini menghadirkan minuman khas Mexico yang bernama Horchata.

Menu HORCHATA Series ini sendiri akan menjadi minuman pertama di Indonesia yang memakai rice milk sebagai bahan dasarnya. Terdapat 3 jenis minuman yaitu Original Horchata, Matcha Horchata dan Dark Chocolate Horchata yang semuanya dijamin menyehatkan. Horchata sendiri merupakan minuman khas Mexico yang menjadi keutamaan dalam budaya Amerika Latin. 

“Kami ingin menjadi jembatan untuk berbagai macam budaya. GOOMA adalah brand indonesia, horchata adalah minuman asal Mexico, matcha dari Jepang dan rice milk yang kami pakai berasal dari Australia. Jadi kami ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa bridging culture itu sesuatu hal yang bagus dan positif, serta dengan begitu kita bisa menciptakan sesuatu yang lebih baik”, tambah Jennifer.

HORCHATA Series dari kolaborasi GOOMA X Australia’s Own ini akan launching pada tanggal 23 Oktober 2020 di seluruh outlet GOOMA. 

Meskipun bahan dasar minuman ini matcha, namun ada menu lain yang bisa dicoba seperti tea series, kopi, chocolate, hingga minuman segar lemonade.

“Bahkan Gooma jadi pelopor minuman biscoff Lotus, dengan menu Kokko Kukki,” ujarnya.

Jennifer juga mengatakan, pencapaian terbaik ialah memiliki loyal costumer. Dari yang tidak suka matcha hingga suka. Di masa pandemi ini Gooma juga dapat dipesan melalui pesan antar ojek online dan ecommere.

“Saat ini karyawan udah ada 40 orang, dari awal hanya punya satu. Dan loyal costumer yang berkali-kali balik untuk coba matcha kota. Jadi jangan takut mencoba yang berbeda, karena kalau kita cuma selalu ikut-ikutan aja, akan selamanya menjadi followers dari para leaders, tapi kalau kita berani berbeda, kita bisa jadi leader dari para followers,” tutupnya. 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓