Program Guru Belajar, Solusi bagi Tenaga Pendidik Atasi Kesulitan Sekolah Daring

Vinsensia Dianawanti22 Okt 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 22 Okt 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi guru

Fimela.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program "Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19" beberapa waktu lalu. Program ini diluncurkan untuk membantu guru dan tenaga pendidik yang merasa kesulitan melakukan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19.

Ada sebanyak 53,55 persen guru merasa kesulitan untuk melakukan manajeman kelas selama pembelajaran jarak jauh. Sementara, 49,24 persen guru merasa kesulitan dalam melakukan asesmen pembelajaran selama PJJ dan 48,45 persen guru kesulitan menggunakan teknologi.

Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi menjadi solusi yang dibuat Kemendikbud untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui program ini, guru dapat mengatur sendiri waktu belajar sesuai dengan kesibukan masing-masing. Selain itu, sesama guru bisa saling belajar untuk menyelesaikan semua tahapan program.

Terdiri dari 3 tahap program

guru
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Halfpoint

Secara terperinci, program ini dibuat dengan beberapa tujuan. Di antaranya meningkatkan kompetensi guru merancang pembelajaran jarak jauh berbasis kurikulum yang disederhanakan, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola sistem pembelajaran jarak jauh untuk siswa, mengembangkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran efektif jarak jauh. serta meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berkualitas.

Program Guru Belajar ini diperuntukkan bagi guru yang telah memiliki akun SIMPKB. Ada tiga tahap yang dirancang dalam program ini, yakni tahap 1 Bimtek, tahap 2 Diklat, tahap 3 Pengimbasan.

Program ini sendiri sudah dimulai sejak 1 Oktober. Dilakukan secara bertahap dengan memiliki lima angkatan. Untuk angkatan 4 dan 5 akan dimulai pada 31 Oktober dan 10 November 2020.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓