Perempuan Rawan Terkena Osteoporosis, Berikut Tips Pencegahan dan Cara Merawat Kesehatan Tulang

Karla Farhana23 Okt 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 23 Okt 2020, 11:00 WIB
[Fimela] Perempuan

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka Hari Osteoporosis Sedunia, CDS, suplemen kalsium dan vitamin D dari Bayer mengajak perempuan Indonesia untuk mencegah osteoporosis. Pasalnya, menurut Data dan Kondisi Penyakit Osteoporosis di Indonesia dari Kemenkes menunjukkan perempuan lebih rawan mengalami kerapuhan tulang dibandingkan pria. 

Untuk itu, CDR mengajak perempuan Indonesia untuk mencegah osteoporosis terjadi sejak dini dengan kampanye 3S; Saaatnya mulai dari dini, Sediakan nutrisi dan terapkan pola hidup sehat, serta Suplementasi dengan vitamin D dan kalsium. 

Kampanye ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat luas serta mengambil langkah nyata untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis merupakan penurunan kualitas dan kepadatan tulang yang dapat membuattulang lebih rapuh dan mudah patah. International of Nutrition and Food Science Literatur dengan tajuk "Relevance of Calcium and Vitamin D in Supporting Bone Health: An Expert Panel Recommendation in Indonesia" menyebutkan, kalsium dan vitamin D bekerja secara sinergis untuk emnjaga kesehatan tulang. 

Sementara itu, The American Food and Nutrition Board (FNB) dan pedomanInternational Osteoporosis Foundation (IOF) menyebutkan kalsim dan vitamin D sangat penting untuk melindungi dan memelihara kesehatan tulang. 

Tingkatkan Kesadaran akan Kesehatan Tulang

[Fimela] tulang belakang
ilustrasi tulang belakang | pexels.com/@karolina-grabowska

Sayangnya, osteoporosis memiliki dampak parah pada kualitas hidup dan kemandirian penderitanya, terutama di Asia Tenggara. Penyakit ini juga menjadi beban sosial dan ekonomi yang cukup besar bagi individu, komunitas, dan sistem kesehatan masyarakat. 

Direktur PT Bayer Indonesia dan Country Head Consumer Health, Kinshuk Kunwar mengatakan misi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya perempuan Indonesia untuk memahami dan mencegah osteoporosis dengan 3S. 

“Sejalan dengan visi Bayer: Health for all, hunger for none,Bayer dan CDR mengajak masyarakat Indonesia khususnya perempuan Indonesia untukmemahami dan mencegah Osteoporosis dengan 3S. Kampanye ini untuk meningkatkankesadaran dan ajakan langkah nyata bagi masyarakat Indonesia akan pentingnya menjagakesehatan tulang dari dini agar kesehatan dan kualitas hidup tetap terjaga meskipun di usialanjut," pungkasnya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓