4 Tips Membuat Sop Ayam Kampung Kuah Kental yang Empuk

Febi Anindya Kirana23 Okt 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 23 Okt 2020, 12:15 WIB
sop ayam kampung

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak ayam kampung memang kendala utamanya adalah daging yang alot atau butuh waktu lama agar empuk. Apalagi jika ingin mengolah ayam kampung menjadi sop seperti yang terkenal dari Klaten, meskipun sayurannya sudah matang terkadang ayam kampungnya malah belum empuk.

Agar tak perlu mengalami hal ini, sebenarnya ada sekian tips yang bisa diterapkan agar daging ayam kampung empuk dan kuah kaldu sop juga kental sedap.

1. Lumuri dengan nanas

Bukan hanya bisa mengempukkan daging sapi, nanas juga mampu mengempukkan daging ayam kampung. Caranya sama dengan mengempukkan daging sapi, tinggal diparut secukupnya danh balur merata pada ayam kampung yang sudah dipotong-potong. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas ayam. Rebus ayam seperti biasa sebagai sop.

2. Rebus dengan pepaya muda

sop ayam klaten
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Rosdaniar

Jika tak menemukan nanas di pasar, bisa juga menggunakan pepaya muda. Rebus ayam kampung hingga keluar busa dan darahnya selama 15 menit. Kemudian tisikan dan bilas bersih dari air rebusan pertama. Rebus lagi untuk kuah kaldu namun tambahkan potongan pepaya muda agar dagingnya cepat empuk.

3. Bungkus dengan daun pepaya

Sama halnya dengan daging sapi, membungkus daging ayam kampung dengan daun pepaya membantu memecah seratnya sehingga mudah empuk saat dimasak. Caranya, remas-remas daun pepaya secukupnya lalu bungkus ayam selaam 15 menit, atau rebus ayam pada rebusan pertama dengan daun pepaya.

4. Presto

Cara keempat memang yang paling praktis, gunakan panci presto untuk memasak ayam kampung agar cepat empuk. Cukup cuci bersih dan lumuri ayam dengan jeruk nipis, tuang air secukupnya dan masak kurang lebih 15 menit. jangan terlalu lama karena daging ayam bisa hancur. Beri air agak banyak jika ingin menggunakan airnya sebagai kaldu.

Itu dia sekian cara agar ayam kampung empuk dan bisa menghasilkan kuah kaldu yang kental dan sedap.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓