Benarkah Pria Tidak Bisa Menolak Perempuan Cantik? Begini Menurut Studi

Febi Anindya Kirana23 Okt 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 23 Okt 2020, 13:35 WIB
pria tampan

Fimela.com, Jakarta Pria dikenal sebagai makhluk yang sering menilai lawan jenisnya secara visual atau menilai dari wajah dan penampilannya. Itulah mengapa para pria mudah tertarik dengan perempuan cantik dan tubuh yang seksi.

Namun benarkah semua pria benar-benar lemah dan tak bisa menolak perempuan hanya karena mereka cantik? Untungnya penelitian membuktikan, tidak semua pria seperti itu.

Penelitian yang dilakukan di University of Bonn oleh Dr. Rene Hurlemann menemukan bahwa pria yang sudah punya pasangan dan mencintai pasangannya tak akan goyah hanya karena didekati perempuan cantik.

Pria yang Dicintai dengan Baik Tak akan Tergoda Perempuan Cantik

pria
ilustrasi pria tersenyum/Photo by Warren Wong on Unsplash

Peneliti yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience ini melibatkan 86 pria heteroseksual dengan rata-rata usia 25 tahun yang diberikan semprotan hidung berupa hormon oksitosin sebelum mereka dipertemukan dengan perempuan cantik 45 menit kemudian. Hormon oksitosin dikenal sebagai hormon cinta yang membuat orang bahagia dan merasakan jatuh cinta.

Saat berada di satu ruangan bersama dan mereka duduk dengan jarak yang 'aman', para pria ini merasa baik-baik saja. Namun ketika si perempuan cantik semakin mendekat dan mempersempit jarak, para pria yang sudah punya pasangan menunjukkan reaksi tidak nyaman. Berbeda depan pria yang masih lajang, mereka membiarkan si perempuan cantik semakin mendekat.

Dengan kata lain, pria yang sudah punya pasangan dan merasa bahagia menjalani cinta saat itu akan lebih memilih perempuan yang dicintainya dibanding perempuan cantik yang mendekatinya. Terbukti dengan reaksi risih mereka ketika si perempuan cantik semakin mendekat dan menempel.

Peneliti membuktikan bahwa tidak semua pria akan gampang terlena dengan kecantikan perempuan, selama pasangannya memberikan cinta yang dibutuhkan si pria. Karena efek hormon oksitosin sangat berpengaruh pada penilaian pria terhadap seorang perempuan, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓