5 Cara Memasak Cumi agar Tidak Amis dan Keras

Febi Anindya Kirana26 Okt 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 11:45 WIB
cumi-cumi

Fimela.com, Jakarta Memasak cumi terkadang agak tricky. Jika tidak pandai mengolahnya, cumi-cumi bisa jadi keras atau alot dan bahkan berbau amis. Oleh karena itu, dibutuhkan cara khusus jika ingin membuat cumi sedap dimakan. Ini beberapa cara memasak cumi agar tidak amis dan keras.

1. Pilih Cumi yang Segar

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah memilih cumi-cumi yang segar atau baru saja diambil dari laut. Cara memastikan cumi segar adalah dengan melihat warna, tekstur dan baunya. Cumi yang segar tampak putih tidak kemerahan dengan mata yang bening dan baunya tidak terlalu amis atau menyengat.

2. Cuci hingga Bersih

Cara kedua adalah mencucinya hingga benar-benar bersih. Rendam air dan cuci tubuhnya hingga kesat. Tarik tulang rawannya dan buang kantung tintanya jika tidak ingin ikut dimasak. Usakan jangan sampai kantung tinta pecah karena itu yang menyebabkan amis. Kelupas juga kulit terluarnya yang amis.

3. Beri Bahan Penghilang Bau

cumi-cumi
ilustrasi cumi-cumi/copyright By AS Food studio (Shutterstock)

Setelah dicuci bersih, lumuri cumi dengan bahan-bahan penghilang bau, bisa menggunakan jeruk nipis, parutan jahe, cuka, asam jawa atau lemon. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas bersih, dipotong-potong dan dimasak.

4. Memasak Tidak Lebih dari 3 Menit

Jangan memasak cumi dalam waktu lama karena akan membuat dagingnya alot atau keras dan liat. Cukup masak cumi kurang dari 3 menit, baik dengan cara ditumis, rebus atau goreng. Jika sudah terlanjut dimasak lebih dari 3 menit, teruskan hingga 30 menit agar daging cumi kembali empuk.

5. Rebus Dulu

Jika ingin menghilangkan bau amisnya, rebus dulu cumi untuk mengeluarkan bau amis dagingnya. Caranya, rebus air dan rebus cumi selama 1 menit dengan daun salam atau lengkuas, kemudian tiriskan, potong-potong dan olah sesuai selera. Pastikan juga memasaknya untuk kedua kali tidak terlalu lama agar tidak alot.

Itu dia sekian cara memasak cumi agar tidak amis dan keras. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓