Ketahui 5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Imelda Rahma26 Okt 2020, 15:25 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 15:25 WIB
Bekerja

Fimela.com, Jakarta Mencari dan mendapatkan pekerjaan bisa jadi adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Sulitnya mendapat pekerjaan bisa diakobatkan oleh dua hal. Pertama, datang dari diri kita sendiri dan yang kedua, bisa datang dari faktor ekstrenal yang tidak bisa kita kendalikan seperti, keadaan, peluang, dan hasil. Namun, faktor yang paling menentukan biasanya adalah diri kita sendiri.

Mungkin ketika pekerjaan sulit untuk didapatkan, kamu akan menyalahkan keadaan dan berpikir bahwa situasinya menjadi rumit serta tidak adil untukmu. Padahal kamu tidak menyadari ada beberapa hal yang biasa kamu lakukan dan ternyata hal itulah yang menyebabkanmu sulit mendapatkan pekerjaan.

Mencari dan mendapatkan pekerjaan itu layaknya berburu karena kamu pasti sedang bersaing dengan banyak para pencari kerja lainnya. Oleh karena itu, salah satu penyebab kamu sulit mendapat pekerjaan adalah karena kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik selama proses rekrutmen dan masih banyak lagi.

Nah, daripada terus menyalahkan keadaan, lebih baik kamu cari tahu alasan-alasan apa saja yang bisa membuatmu sulit mendapatkan pekerjaan. Fimela.com kali ini akan mengulas 5 alasan mengapa kamu sulit mendapatkan pekerjaan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Dokumen CV Tidak Disusun Secara Profesional

Dokumen CV Tidak Disusun Secara Profesional
Ilustrasi CV Credit: pexels.com/Lukas

Alasan pertama mengapa kamu sulit mendapatkan pekerjaan ialah karena CV atau dokumen riwayat hidup yang kamu lampirkan pada perusahaan untuk mlemar pekerjaan dinilai belum profesional. Sebagai dokumen wajib yang biasanya memnentukan tahap administrasi, CV amat berpengaruh. Oleh karena itu, pastikan CV yang akan kamu lampirkan sudah kamu perbaharui informasinya dan juga kamu perbaiki desainnya agar nampak profesional.

CV yang profesional bisa membuat informasi-informasi vital yang singkat, padat, dan jelas. Kemudian untuk desainnya juga terkesan lebih formal minimalis dengan tidak terlalu banyak warna atau aminasi yang membuat dokumen tersebut nampak tidak resmi. Jika kamu masih bingung dalam menyusun CV.

Tidak Percaya Diri saat Wawancara Kerja

Tidak Percaya Diri saat Wawancara Kerja
Ilustrasi Wawancara Kerja Credit: pexels.com/Anna

Berikutnya, alasan mengapa kamu sulit mendapat pekerjaan yang kedua ialah karena kamu tidak percaya diri saat menghadapi wawancara kerja. Wawancara kerja adalah tahapan yang paling menentukan apakah kamu akan diterima bekerja atau tidak, maka dari itu, untuk menghadapi wawancara kerja kamu perlu persiapan penuh.

Jika pada saat wawancara kerja kamu terlihat gugup dan tidak percaya diri, maka perekrutmen juga akan enggan untuk memilihmu sebagai pekerja baru atau karyawan di perusahaan. Memang rasa gerogi itu pasti ada, tetapi harus bisa kamu kontrol agar kamu terlihat lebih meyakinkan saat wawancara kerja.

Bersikap Pasif dalam Mencari Pekerjaan

Bersikap Pasif dalam Mencari Pekerjaan
Ilustrasi Mencari Pekerjaan Credit: pexels.com/energepic

Ketiga, alasan mengapa kamu sulit mendapatkan pekerjaan ialah karena kamu bersikap pasif dan tidak proaktif saat mencari pekerjaan. Bersikap pasif ini maksudnya ialah ketika kamu tidak mau mengembangkan potensi diri sesuai dengan profesi yang sedang kamu incar. Misalnya, kamu menginginkan posisi sebagai jurnalis, maka kamu harus berlatih menulis berita.

Kamu harus memastikan bahwa kemampuan yang kamu miliki sudah mumpuni saat melamar suatu pekerjaan. Diperhatikan kualifikasinya dan jadikan hal tersebut sebagai patokan untuk mengembangkan diri agar kamu bisa menguasai bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan cara itu, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Kurangnya Relasi dan Informasi

Kurangnya Relasi dan Informasi
Ilustrasi Memetakan Relasi Credit: pexels.com/Christina

Selanjutnya, alasan keempat mengapa kamu sulit mendapatkan pekerjaan ialah karena kamu tidak memiliki relasi atau jaringan yang kuat untuk mencari pekerjaan. Memang beberapa orang berhasil mendapatkan pekerjaan dengan usaha dan kerja kerasnya sendiri, namun tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini adanya relasi dan jaringan kerja amat menentukan dan berpengaruh. Jika kamu tidak memilikinya, maka kamu akan kesulitan dan tidak mendapatkan banyak informasi.

Informasi disini maksudnya adalah informasi terkait lowongan atau peluang pekerjaan disuatu tempat. Bisa juga diartikan sebagai pengetahuanmu yang kurang terhadap perusahaan yang ingin kamu lamar sehingga hal tersebut akan terlihat dan memengaruhi hasil wawancara kerja.

Memilih Pekerjaan yang Bersebrangan dengan Keahlian

Memilih Pekerjaan yang Bersebrangan dengan Keahlian
Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Vlada

Terakhir, alasan mengapa kamu sulit mendapatkan pekerjaan ialah karena kamu memilih profesi yang bersebrangan dengan keahlian yang kamu kuasai. Misalnya, ketika kamu adalah seorang sarjana hukum tetapi bekerja diranah kewirausahaan atau media. Memang tidak ada salahnya, tetapi latar belakang pendidikan akan diperhitungkan oleh perekrut ketika kamu nekat memilih profesi yang bersebrangan dengan keahlian.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, prospek karir memang harus dibidik dan direncanakan sejak awal sehingga antara keahlian dan profesi yang akan kamu ambil tidak bersebrangan tetapi saling mendukung.

Lanjutkan Membaca ↓