Fimela Fest 2020: Instagram Ubah Kebijakan Sensor Setelah Kampanye Foto Telanjang Perempuan Kulit Hitam

Vinsensia Dianawanti26 Okt 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 16:30 WIB
Instagram

Fimela.com, Jakarta Instagram telah mengumumkan kebijakan terkait unggahan foto telanjang setelah kesuksesan kampanye #iwanttoseenyome. Kampanye ini dilakukan influencer dengan plus size dan kulit hitam, Nicholas Williams.

Nicholas Williams menggunakan media sosial, terutama Instagram, dengan membagikan foto telanjang dengan posisi dirinya duduk di kursi menggunakan celana pendek sembari menutupi payudaranya dengan tangan.

Sayangnya, foto tersebut dihapus karena diduga melanggar pedoman unggahan telangan Instagram. Nicholas Williams diperingatkan bahwa akunnya dapat ditangguhkan jika foto tersebut diunggah ulang.

Tak terima unggahannya dihapus, Nicholas Williams pun membahas insiden ini dengan menuliskan "Mengapa tubuh saya selalu disensor? Selalu perempuan kulit hitam dengan tubuh lebih besar dan saya lelah, saya di sini membagikan karya seni saya dan mencoba menormalkan SEMUA tipe tubuh dan saya terus menutup diri di setiap kesempatan, tetapi jangan khawatir, saya akan terus melakukan pekerjaan saya."

 

Kebijakan diubah karena petisi

Warganet menanggapi insiden ini secara serius hingga akhirnya muncul sebuah petisi yang menyerukan agar Instagram berhenti menyensor perempuan kulit hitam dan berukuran besar. Petisi tersebut kemudian mengumpulkan lebih dari 20ribu tanda tangan.

Nicholas Williams dan pendukungnya berpendapat bahwa Instagram mendiskriminasi tubuh berukuran plus dan menunjukkan biar rasial karena tidak mengambil tindakan serupa pada banyak seleb ternama, seperti Emily Ratajkowski, Kylie Jenner dan Kim Kardashian yang mengunggah foto-foto nyaris telanjang.

Sebagai hasil dari kampanye tersebut, Instagram kini telah mengonfirmasi bahwa mereka akan mengizinkan konten di mana seseorang hanya berpelukan, menangkup atau memegangi payudaranya.

Dalam sebuah pernyataan, Instagram mengatakan akan menarik kebijakan soal foto telanjang selama ditutupi dengan jari. Kebijakan ini juga berlaku di Facebook.

"Saya ingin memastikan bahwa kami dihormati dan diizinkan menggunakan ruang, seperti Instagram, seperti yang dilakukan pembuatan konten lainnya tanpa khawatir disensor," ungkap Nicholas Williams menanggapi kebijakan baru Instagram.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓