Sukses

Lifestyle

Mau Masak Super Food untuk Tubuh dan Rambut? Gampang, Begini Rahasianya!

Fimela.com, Jakarta Semakin banyak waktu di rumah saja, tentunya banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Bukan saja untuk bekerja, namun banyak juga yang terinspirasi untuk mengeksplor hobi baru seperti berkebun, melakukan prakarya seni, juga lebih aktif memasak untuk keluarga. Apalagi dengan memasak sendiri, kamu jadi lebih mudah memilih bahan makanan apa saja yang kaya nutrisi, sehingga tak sekadar mengenyangkan perut, tetapi makanan yang dibuat juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Salah satu ide memasak yang menarik dicoba, karena bukan saja enak tetapi juga bergizi adalah super food. Hidangan yang terdengar mewah, tetapi bukan berarti tidak bisa dibuat di rumah. Nah, lewat Dove Super Class x Fimelahood, kamu bisa mengetahui jika memasak makanan yang baik untuk tubuh dan rambut itu tak sesulit yang dibayangkan lho.

Mulai dengan Memahami Prinsip Menyajikan Makanan yang Tepat

Dove Super Class x Fimelahood kali ini menghadirkan Chef Dea Vialdo yang ternyata sudah menyukai masak dari kecil. Ia pun mengungkapkan jika ibunya adalan sumber inspirasi baginya untuk serius menekuni dunia kuliner, hingga akhirnya mendapat gelar culinary degree dan menjadi chef seperti saat ini.

"Aku hobi masak sejak kecil, terus melihat mama, yang selalu bisa recreate setiap masakan yang kita temui di restoran, dari situ ada keinginan untuk bisa masak, sempat ambil culinary degree di Le Cordon Bleu London, hingga akhirnya sekarang jadi chef," ungkap Chef Dea.

Menurut Dea, pada dasarnya sekolah masak itu sama sekolah pada umumnya, karena banyak mempelajari hal-hal dasar. Bedanya, kalau di sekolah kuliner yang dipelajari yang berkaitan dengan bidang tersebut, termasuk dasar-dasar teknik memasak, resep-resep sederhana untuk nantinya dikembangkan sendiri, manajemen waktu, perhitungan biaya produksi, hingga aturan keamanan di dapur, karena nantinya diarahkan untuk masuk industri pangan, seperti restoran dan perhotelan.

Berkat pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, Chef Dea pun membagikan prinsip dasar dalam menyajikan makanan, "Pertama, masak harus dari hati, karena output-nya akan keluar, apalagi kalau bikin makanan dengan niat dan kesungguhan, nanti akan tercermin pada makanannya. Kedua, platting harus cantik, karena kita makan tak hanya dari mulut, tetapi mata juga melihat dan hidung juga mencium aromanya, jika secara tampilan sudah menggoda selera makan pun akan naik. Makanya, meskipun simple, platting itu tetap harus bagus buatku, jadi bisa memberikan kesan juga serasa makan di restoran."

Perhatikan Kualitas Bahan Baku

Setelah memahami prinsip menyajikan makanan yang tepat, Chef Dea kemudian menjelaskan jika bahan baku berkualitas penting banget diperhatikan. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh pada rasanya.

"Misalnya saat kita makan makanan khas di luar negeri, lalu coba di Indonesia, rasanya mungkin tak seenak saat makan di tempat asalnya. Meskipun resepnya sama, bisa jadi bahan bakunya berbeda dan akan sangat mempengaruhi rasanya. Selain itu, kalau bahan baku berkualitas, selain kenyang, nutrisi yang didapat juga maksimal," imbuh Chef Dea.

Super Food yang Bagus untuk Tubuh dan Rambut

Lebih lanjut, Chef Dea juga menambahkan jika bisa nutrisi yang dimakan harus seimbang. Bukan hanya karbohidrat, tetapi perhatikan juga keseimbangan protein, lemak, serat, hingga vitamin. Dengan begitu, perut tak hanya kenyang, tetapi tubuh juga mendapatkan manfaat nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Sementara untuk menjaga kesehatan rambutnya, Chef Dea mengandalkan beragam super food pilihan untuk menutrisi dari dalam. "Supaya rambut tetap sehat, kalau aku sering makan alpukat, salmon, kacang-kacangan, tiap hari konsumsi jus wortel dan air kelapa juga bagus banget untuk rambut," jelas Chef Dea.

Sebagai informasi, ikan salmon kaya Omega-3 yang mampu merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kelembapan kulit kepala, dan membuat rambut lebih berkilau. Sementara alpukat kata Vitamin E yang bisa memperlancar sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga folikel rambut dapat bekerja maksimal untuk mendorong pertumbuhan rambut. Sedangkan kacang-kacangan kaya zat besi, zinc dan biotin yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Itulah kenapa beragam super food tersebut dipilih oleh Chef Dea untuk menunjang kesehatan tubuh dan rambutnya.

Sedangkan untuk perawatan rambut dari luar, Chef Dea mengandalkan Dove Super Shampoo. Sebab, produk tersebut mampu mengatasi rambut rontok, berketombe dan juga lepek, tiga masalah rambut yang sering dialami perempuan Indonesia bisa teratasi dengan satu sampo. Meski jarang melakukan perawatan ke salon, dengan memakai Dove Super Shampoo setiap hari dan konsumsi super food, Chef Dea pun mengakui jika beragam masalah rambut, terutama rambut lepek tak lagi dialaminya.

Cara Memasak Super Food

Tak ketinggalan, Chef Dea juga menjelaskan cara memasak super food yang mudah. Pastikan lebih dulu untuk mengikat rambut, agar makanan tetap higenis. Kemudian, siapkan bahan-bahan yang mau disajikan.

"Masak super food itu gampang, misalnya yogurt dikasih alpukat bisa dicampur cocok dijadikan sarapan. Sementara kalau siang bisa pakai salmon dipanggang terus dikasih pasta, tinggal dibumbui dan masak dengan cepat. Sedangkan kalau malam aku minum jus wortel, kadang bisa campur apel dan tomat, supaya kebutuhan vitamin dan mineral tetap terpenuhi sepanjang hari," ungkap Chef Dea.

Menariknya dalam kesempatan tersebut, Chef Dea juga berbagai resep membuat gyudon yang mudah dan praktis dibuat. Tinggal siapkan nasi, lalu tumis daging sapi dengan beberapa bumbu, seperti irisan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, air, kecap asin, minyak wijen hingga garam dan gula secukupnya. Masak sampai matang dan bumbu meresap. Sajikan di atas nasi dan orak-arik telur, taburi bubuk cabai atau sesuai selera. Kamu bisa menemukan resep selengkapnya di instagram @deavialdo atau langsung pesan frozen food dari Chef Dea di akun instagram @bydasterchef.

Tips Menyimpan Bahan Makanan Tetap Segar

Bukan hanya Chef Dea, dalam Dove x Fimelahood kali ini juga menghadirkan Editor in Chief Amelia Ayu Kinanti. Ia pun turut membagikan tips menyimpan bahan makanan tetap segar.

"Bahan-bahan yang tak mudah busuk, biasanya kupesan secara online untuk disimpan di kulkas. Sementara untuk sayuran, biasanya langsung beli harian di penjual sayuran keliling. Supaya tetap segar, keluarkan sayuran, cuci bersih, lalu potong-potong. Simpan dalam wadah yang dilapisi tisu dapur agar tak mudah busuk," ungkap Ayu.

Hal itu pun disepakati oleh Chef Dea, karena cara tersebut termasuk food preparation yang mempermudah proses masak sehari-hari. Bahkan, menurut Chef Dea jika perlu, potong berdasarkan masakan apa yang akan dibuat. Cara ini membuatnya jadi tak mudah bingung, setiap kali menggali ide untuk masak sehari-hari, karena tinggal ambil bahan yang sudah disiapkan dalam wadah di kulkas, lalu masak. Dengan cara ini juga, waktu memasak jadi lebih efisien.

Tak ketinggalan, Ayu juga menginformasikan jika di kanal Lifestyle Fimela juga sudah tersedia kategori Resep. Bahkan, Fimela juga memiliki komunitas bernama Fimelahood yang menjadi wadah bertukar informasi, termasuk aktif berbagi resep. Jadi, Sahabat Fimela juga bisa mendapatkan banyak informasi di sana.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading