FIMELA FEST 2020: 4 Cara Membuka Lembaran Baru setelah Mengakhiri Hubungan Beracun

Endah Wijayanti27 Okt 2020, 10:43 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 10:43 WIB
perempuan patah hati

Fimela.com, Jakarta Setelah lepas dan mengakhiri hubungan yang beracun, mungkin kita akan merasakan sesuatu yang hampa. Kita masih belum bisa langsung membuka lembaran baru. Masih ada fase kesedihan yang harus dilalui. 

Tak apa. Pelan-pelan saja. Kadang untuk membuka lembaran baru setelah lepas dari hubungan yang beracun pun butuh waktu sendiri. Bahkan mungkin kita masih menyalahkan diri sendiri karena telah terjebak dengan hubungan yang salah. Meski begitu, jangan sampai hidup kita jadi layu karenanya. Masih ada harapan baru yang bisa direngkuh kembali.

1. Lepaskan Kesedihan dengan Menangis Sampai Lega

Mau menangis atau berteriak, izinkan dirimu merasakan semua itu. Semua perasaan sedih yang ada di dalam dada, luapkan saja sampai puas. Dengan cara ini, ruang di hatimu setidaknya bisa kembali lega. Buang dan lepaskan semua perasaan negatif dan hal-hal yang membebani jiwa. Ambil pelajaran dari pengalaman yang ada agar bisa lebih mudah untuk mengambil langkah selanjutnya.

It happens to everyone as they grow up. You find out who you are and what you want, and then you realize that people you've known forever don't see things the way you do. So you keep the wonderful memories, but find yourself moving on. ― Nicholas Sparks

2. Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri mungkin bisa terasa sangat sulit dilakukan. Namun, memaafkan diri sendiri justru jadi kunci penting untuk bisa melanjutkan hidup. Kita tak perlu menyalahan diri sendiri. Jangan merasa bertanggungjawab atas hubungan yang harus diakhiri. Kita tak perlu merasa jadi pihak yang bersalah. Kita berhak mendapatkan seseorang yang lebih baik darinya.

3. Membangun Prioritas Hidup yang Baru

tips untuk move on
Perlahan move on./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Jangan terlalu lama berkubang dengan masa lalu. Yang telah berlalu sudah tak bisa diperbaiki lagi. Tapi kita masih bisa menciptakan sesuatu yang lebih untuk hidup kita yang lebih berharga. Saatnya untuk kembali bertanya pada diri sendiri, kita ingin hidup yang seperti apa? Apa saja yang perlu kita perbaiki untuk memperbaiki keadaan?  Jangan biarkan hidupmu jadi makin muram karena seseorang yang dari awal ternyata memang tidak layak untukmu.

A broken heart is just the growing pains necessary so that you can love more completely when the real thing comes along. – J.S.B. Morse

4. Peluk Kembali Dirimu

Peluka kembali dirimu. Cintai kembali dirimu. Kebahagiaanmu juga sangat penting. Kamu masih punya kesempatan untuk tersenyum kembali. Manfaatkan waktu yang ada saat ini untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Hidup yang sempat layu kini saatnya untuk kita siram dan pupuk kembali. Ada hari-hari yang lebih indah dan lebih baik untuk kita. Yang perlu kita lakukan adalah kembali melangkah.

Selalu ada harapan baru yang bisa dimiliki dalam hidup. Masih ada kesempatan untuk memiliki hati yang lebih kuat. Yuk ikuti FIMELA FEST 2020 untuk membuat perubahan yang lebih istimewa dalam hidupmu.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓