Cara Memilih dan Merebus Kerang Dara yang Tepat, Simak Tipsnya!

Endah Wijayanti27 Okt 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 13:15 WIB
kerang dara

ringkasan

  • Pilih Kerang yang Masih Tertutup
  • Hindari Kerang yang Berlendir dan Berbau Amis
  • Rebus Kerang dalam Air Mendidih
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mengolah kerang dara sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa cukup merebusnya dan menikmatinya dengan saus. Bisa juga menumisnya dengan bumbu pedas atau asam manis sesuai selera. 

Cuma masalahnya kadang kita masih kesulitan memilih dan merebus kerang dara yang benar. Karena kalau salah memilih atau salah dalam merebusnya, hasilnya akan kurang sempurna. Berikut ini tips-tips yang bisa diikuti dalam memilih dan merebus kerang dara yang tepat.

1. Pilih Kerang yang Masih Tertutup

Saat ini ada kerang yang dijual dalam keadaan sudah tanpa cangkang. Tetapi bila ingin mendapatkan kerang yang segar, disarankan untuk memilih kerang yang masih ada cangkangnya, dan cangkangnya masih dalam keadaan tertutup. 

2. Hindari Kerang yang Berlendir dan Berbau Amis

Kalau membeli kerang yang sudah tanpa cangkang, perhatikan tekstur dan baunya. Hindari yang sudah berlendir dan berbau amis. Begitu pula saat memilih kerang yang bercangkang, sentuh cangkang dan tepiannya. Jika berlendier dan ada bau amis yang pekat, sebaiknya jangan dipilih.

3. Cuci Kerang di Air Mengalir

kerang dara
ilustrasi kerang dara/copyright Shutterstock

Sebelum direbus, kerang perlu dicuci terlebih dahulu. Cuci di air mengalir agar kotoran-kotoran yang terdapat di dalam kerang dan di cangkang kerang terbuang bersama air. Sebaiknya tidak merendam kerang dalam air terlalu lama, tapi gunakan air mengalir untuk mencucinya. Bila perlu, sikat cangkang kelar untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di permukaan cangkang.

4. Rebus Kerang dalam Air Mendidih

Siapkan air dalam panci. Didihkan terlebih dahulu airnya. Setelah itu masukkan kerang dara. Rebus selama kurang lebih 5 menit sampai cangkangnya terbuka. Angkat dan tiriskan. Lalu didihkan air dengan bumbu atau rempah sesuai selera, kemudian masukkan kerang. Rebus kembali selama 10 menit sampai matang.

Tidak sulit kan caranya? Semoga tips dan info di atas bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by