Cara Merebus Sayur agar Warnanya Tetap Cantik

Endah Wijayanti29 Okt 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 29 Okt 2020, 14:15 WIB
sayur cantik

Fimela.com, Jakarta Bagi yang sedang diet, sedang mengatur pola makan yang lebih sehat, atau sedang menghindari makanan berminyak, menu dengan sayur rebus menjadi salah satu menu yang paling aman untuk dikonsumsi rutin. Sayur rebus seperti kacang panjang rebus, brokoli rebus, wortel rebus, dan kol rebus bisa dinikmati dengan saus sambal atau saus kacang.

Supaya hidangan lebih menggugah selera, maka kita perlu mendapatkan warna sayur yang cantik. Bahkan perlu mempertahankan warna asli sayur yang merona. Untuk itu, proses perebusannya perlu diperhatikan dengan baik.

Menggunakan Api Besar

bumbu gado-gado
ilustrasi./copyright by Anastasiya Murina (Shutterstock)

Supaya sayuran rebus tetap cantik dan makin merona warnanya, maka kita perlu merebusnya dengan api besar. Jadi, didihkan terlebih dahulu air di panci dengan api besar. Setelah itu masukkan sayuran. Rebus sebentar saja sampai warnanya berubah jadi terang. Setelah itu angkat.

Siram atau Rendam dengan Air Dingin

Siapkan wadah atau baskom berisi air dingin (bisa ditambah es batu). Sayuran yang baru selesai direbus, langsung dipindahkan ke dalam baskom berisi air dingin. Kenapa sayuran yang baru direbus harus disiram atau langsung direndam dalam air dingin? Tujuannya untuk menghentikan proses pemasakannya, sehingga warnanya bisa tetap cantik.

Bagaimana? Caranya sangat mudah sekali, kan? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓