Fimela Fest 2020: Cukup 5 Menit, Begini Cara Mencintai Diri Sendiri Lewat Suasana Hati yang Lebih Baik

Vinsensia Dianawanti27 Okt 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 20:00 WIB
ilustrasi mood/pexels

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bentuk yang paling sederhana dari mencintai dari diri sendiri adalah mencari tahu bagaimana memperbaiki suasana hati.

Ketika suasana hati berada dalam kondisi yang baik artinya kamu tidak membiarkan diri sendiri larut dalam emosi yang negatif. Tidak perlu waktu lama sebenarnya untuk memperbaiki suasana hati. Cukup lima menit saja. Bagaimana caranya?

Sebuah penelitian dari University of Regina menemukan bahwa kamu hanya membutuhkan lima menit di alam bebas untuk memperbaiki suasana hati. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology, para peneliti menemukan bahwa partisipan yang menghabiskan waktu selama lima menit untuk duduk di alam bebas dapat mengalami peningkatan emosi positif.

Terkait emosi hedonis, mereka yang duduk di luar mengalami peningkatan sebelum dan sesudah ujian. Demikian pula dalam hal emosi transenden diri pada orang-orang yang berada di luar ruangan.

 

5 menit untuk memperbaiki suasana hati

mood
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TORWAISTUDIO

Dengan duduk di luar ruangan, kamu akan menemukan rasa kagum yang ditimbulkan. Para peneliti kemudian melakukan studi kedua untuk melihat apakah durasi mempengaruhi peningkatan emosi yang lebih besar.

Ternyata, jika berada di luar ruangan lebih dari 15 menit, peneliti menemukan emosi negatif. Termasuk stres, depresi, dan kecemasan. Meskipun peningkatan durasi waktu yang dihabiskan di luar ruangan tidak meningkatkan jumlah emosi positif. Namun studi serupa juga mengungkapkan emosi negatif dapat diturunkan setelah berhenti selama 5 menit.

Katherine D. Arbuthnott mengatakan bahwa berada di luar ruangan menjadi pilihan terbaik. Namun sembari melihat pemandangan alam secara langsung maupun foto juga dapat membantu.

Kontak dengan alam sangat bermanfaat bagi kesehatan emosional. Jika kamu tidak sempat pergi ke alam bebas untuk memperbaiki suasana hati, cukup ke luar ruangan, melihat pemandangan di sekeliling dan rasakan sensasi rileksnya.

Dengan memiliki suasana hati yang baik, memungkinkan kamu memiliki produktivitas yang lebih baik.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓