4 Kebiasaan Ini dapat Membantumu Menjadi Pribadi yang Cerdas

Gayuh Tri Pinjungwati28 Okt 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 17:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Kita semua tentu memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Pola pikir tertentu juga dapat memengatuhi kecerdasan orang. Mereka dipuji dalam masyarakat dan akan selamanya dianggap sebagai orang jenius. Kebiasaan-kebiasaan orang yang cerdas pun dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut ini.

Menyesuaikan Diri

Kecerdasan tidak ditentukan oleh kemampuan mengumpulkan sejumlah besar informasi atau menghafal dan regurgitasi, tetapi lebih pada kemampuan untuk berhasil beradaptasi dengan perubahan lingkungan berdasarkan informasi yang disajikan. Kemampuan beradaptasi dengan suatu situasi atau lingkungan membutuhkan banyak proses kognitif seperti persepsi, pembelajaran, ingatan dan pemecahan masalah.

Mempertanyakan Segalanya

Sifat ini diterjemahkan menjadi sukses di tempat kerja. Manajer perekrutan bertujuan untuk merekrut kandidat yang tampak ingin tahu dan teliti karena mereka percaya bahwa kandidat tersebut memiliki potensi yang lebih tinggi dan terkait untuk berkontribusi lebih banyak. Keyakinan ini didahului oleh pemikiran bahwa mereka yang pada dasarnya ingin tahu mencari jawaban, belajar lebih banyak, dan dengan demikian telah mengumpulkan lebih banyak pengetahuan sepanjang hidup mereka daripada seseorang yang hanya mengandalakan kecerdasan mereka.

Memahami Mereka Tidak Tahu Segalanya

Self-Love
Ilustrasi/copyright shutterstock

Orang cerdas sering dianggap terlalu percaya diri, tetapi individu yang benar-benar cerdas tahu, bahwa mereka tidak tahu segalanya. Paengakuan ketidaktahuan atau kurangnya pengetahuan di suatu daerah menunjukkan tingkat kesadaran diri serta metakognisi yang tinggi. Orang yang sangat cerdas dapat mengakses kekuatan dan kelemahan mereka dan merasa terdorong untuk belajar lebih banyak.

Menjadi Bosan

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi consensus umum menunjukkan bahwa orang yang sangat cerdas menjadi mudah bosan. Kebosanan mereka belum tentu terhadap subjek tertentu, melainkan hal yang biasa dan berulang. Kebosanan muncul karena mereka senang berada di lingkungan baru dan merespons stimulan.

Berikut tadi beberapa kebiasaan yang dilakukan orang cerdas dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓