Fimela Fest 2020: Pengaruh Lady Gaga Bagi Banyak Orang untuk Menemukan Identitas Gender

Vinsensia Dianawanti29 Okt 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 29 Okt 2020, 16:00 WIB
[Fimela] Lady Gaga

Fimela.com, Jakarta Tidak semua negara di dunia menerima perbedaan gender yang beragam. Di Indonesia sendiri belum terbuka akan identitas gender dari norma yang ada. Dibutuhkan keberanian yang begitu kuat untuk mengungkapkan identitas gender yang sebenarnya.

Hal inilah yang dirasakan Sam Smith ketika bagaimana ia harus mengungkapkan identitas gender-nya. Sam Smith menilai bahwa Lady Gaga membantu mereka tampil sebagai nonbiner.

Pengaruh Lady Gaga terhadap identitas gender mulai dirasakan ketika Mother of Monster itu mengeluarkan album The Fame di 2008. Menurut Sam Smith, lagu Lady Gaga seakan memberikan izin baginya sepenuhnya untuk menjadi dirinya sendiri.

 

Memberikan kepercayaan diri

Lady Gaga
Lady Gaga lakukan treatment unik untuk atasi lelah dan nyeri otot di tubuhnya.

"Ini menjadi bentuk ekspresi, tapi anehnya juga merupakan bentuk perlindungan," ungkap Sam Smith dilansir dari Independent.co.uk.

Lagu Lady Gaga terasa seperti bentuk perlindungan bagi mereka yang tertindas akibat identitas gender. Dengan lagu itu, mereka yang memiliki identitas gender berbeda merasa lebih percaya diri dan kuat dalam keanehan.

Untuk tahu lebih lanjut topik seputar ini, daftarkan dirimu dan dapatkan info terupdate FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓