Perjalanan Panjang 3M selama 45 Tahun Hadir di Indonesia

Iwan Tantomi30 Okt 2020, 13:52 WIB
Diperbarui 30 Okt 2020, 14:00 WIB
Perjalanan Panjang 3M selama 45 Tahun Hadir di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Selotip dan spons cuci piring pastinya sudah menjadi benda yang tak asing lagi dong di rumah. Bagi ibu-ibu di rumah, spons cuci piring selalu menjadi benda yang dibutuhkan setiap kali mencuci beragam peralatan di dapur usai memasak. Sementara, buat anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran, kerap mengandalkan selotip untuk menempelkan beragam benda.

Betapa besar fungsi benda-benda sederhana tersebut, tetapi sudahkah kamu tahu perusahaan yang memproduksinya? Jika belum, yuk kenalan dulu dengan 3M yang ternyata sudah menemani para ibu, pelajar, pekerja, maupun masyarakat Indonesia lainnya selama 45 tahun namanya.

Jika flashback ke belakang, sebuah perjalanan panjang dilalui oleh brand yang memulai usahanya di Indonesia hanya dengan 3 orang karyawan ini. Mereka terus memperkuat posisinya dengan melengkapi portfolio lewat berbagai barang yang dibutuhkan masyarakat. Seperti apa?

 

Cerita Perjalanan 3M di Indonesia

3M yang merupakan kepanjangan dari Minnesota Mining and Manufacturing ini pertama kali didirikan pada 1902 di Amerika Serikat. Perusahaan ini mulanya fokus menambang Korundum, sebagai mineral ideal untuk grinding wheels. Namun, lewat inovasi yang mengedepankan sains, teknologi dan budaya, 3M menjadi besar dengan beragam produk, hingga sukses melebarkan bisnis ke Indonesia, sebagai salah satu negara dengan potensi ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, awalnya 3M hanya memiliki 3 orang karyawan. 3M terus membidik pasar tertentu dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan (R&D), dan proses bisnis.

Hasilnya, kini 3M Indonesia memiliki empat bisnis grup yang melayani industri hingga rumah tangga, yaitu Safety & Industrial, Transportation & Electronics, Health Care, dan Consumer. Dari kelompok usaha tersebut, beberapa produk yang dihasilkan juga sangat beragam, mulai dari otomotif, commercial solution, consumer, komunikasi, desain dan konstruksi, elektronik, pertambangan, manufaktur, minyak dan gas, keselamatan sampai transportasi.

 

Tak Hanya Berbisnis, 3M Indonesia Juga Memberikan Dukungan untuk Komunitas di Indonesia

Menariknya, 3M Indonesia tak hanya fokus berbisnis. Lebih dari itu, perusahaan tersebut berkomitmen dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui tiga fokus utama, yaitu komunitas, pendidikan dan lingkungan. Bukan itu saja, 3M Indonesia bahkan terus aktif membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam di Indonesia.

Termasuk di masa pandemi Covid-19 ini 3M turut menginisasi program bantuan pangan untuk masyarakat yang rentan akan dampak pandemi di seluruh dunia. 3M Indonesia bekerjasama dengan beberapa Yayasan seperti Wahana Visi Indonesia dan United Way, dengan fokus pada pangan untuk masyarakat terdampak, bantuan berupa bahan pokok makanan. Bukan itu saja, 3M juga menerapkan waste management, seperti mengolah kembali kertas yang terpakai untuk merchandise dan sebagainya, sehingga kelestarian lingkungan pun ikut diperhatikan dengan betul oleh 3M.

Berbagai Penghargaan yang Berhasil Diraih oleh 3M

Berkat evolusi yang dilakukan, 3M Indonesia memiliki skala organisasi yang lebih ramping, sehingga memungkinkan tim tetap fleksibel dalam merespon setiap tantangan eksternal secara lebih baik. Selain itu, 3M juga telah beroperasi lebih di 200 negara, dan terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi produk yang bisa memajukan setiap perusahaan, 3M menyempurnakan kebutuhan di setiap rumah, hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat di dunia, tak heran jika 3M sukses meraih beragam penghargaan, termasuk salah satunya sebagai perusahaan yang tak pernah keluar dari daftar Fortune 500.

Selain itu, 3M terus membidik pasar tertentu dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan (R&D), dan proses bisnis. Pada 2017 3M Indonesia berhasil mendapatkan gelar Best Companies to Work For in Asia dari HR Asia. Sedangkan paling baru, 3M berhasil mendapatkan predikat World's Most Ethical Companies selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2019 dan 2020 dari Ethisphre.

Beberapa Brand 3M yang Kerap Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan sejarah panjang hingga pencapaian sebesar itu, wajar jika akhirnya 3M mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Apalagi sudah banyak produk 3M yang kerap digunakan dalam sehari-hari. Bahkan beberapa brand dari 3M tanpa sadar juga sering kamu pakai, seperti Post-It yang merupakan brand milik 3M untuk produk sticky note, kemudian Scotch yang menghadirkan selotip yang aman dan praktis, hingga Nexcare yang menyediakan berbagai jenis masker untuk melindungimu saat beraktivitas di luar rumah selama pandemi. Semua brand-brand tersebut hanyalah sebagian kecil yang diproduksi oleh 3M untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Gimana, sekarang sudah tahu kan, jika dari Post It Notes yang sering kamu gunakan, ternyata hasil produksi dari perusahaan yang sudah 45 tahun berdiri di Indonesia? Cari tahu produk 3M selengkapnya di sini.

Lanjutkan Membaca ↓