Sukses

Lifestyle

Deretan Momen Tak Terlupakan di Final Kreatif Lokal Award 2020, Mana Finalis Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Setelah rangkaian acaranya diadakan sejak Agustus lalu, Kreatif Lokal Award 2020 yang merupakan apresiasi Adira Finance untuk pelaku UKM telah mencapai babak final. Acara penjurian babak final sukses digelar pada 18 dan 25 Oktober 2020 lalu secara online dan disiarkan melalui Vidio.com. Selama dua hari penyelenggaraan, ada beragam deretan momen seru dan inspiratif yang sulit untuk dilupakan. Berikut beberapa di antaranya, simak yuk!

Presentasi Terbaik 18 Finalis dari 6 Kategori

Inti acara final Kreatif Lokal Award 2020 merupakan penjurian, dimana 18 finalis dari 6 kategori memberikan presentasi mengenai produk mereka di hadapan Dewan Juri dan Ikon Kreatif sebagai panelis.

Dewan Juri ini terdiri dari deretan nama ternama, seperti Daniel Tumiwa (Ketua Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020), Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance), Yuana Rochma Astuti (Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI), Swandajani Gunadi (Direktur SDM dan Marketing Adira Finance), Rachmat Kaimuddin (Direktur Utama Bukalapak), serta Steve Christian Direktur Utama Kapanlagi Youniverse.

Sebagai panelis, dipilihlah deretan ikon kreatif yang inspiratif. Di antaranya Sisca Soewitomo (Kuliner), Fajar Nugros (Video), Joko Avianto (Kriya), Nonita Respati (Fashion), Indra Yudhistira (Pertunjukkan), dan Darwis Triadi (Fotografi).

Pada babak final Kreatif Lokal Award 2020 di 18 Oktober 2020, Dewan Juri dan Ikon Kreatif berkesempatan mendengarkan paparan dari Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Kemudian Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan. Sementara di kategori Fotografi ada Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/Fireworks Photography.

Kemudian pada 25 Oktober 2020, giliran Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry di kategori Kuliner. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Sedangkan di kategori Kriya ada Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon.

Momen cukup unik terjadi ketika Nurcholis dari Bangsawan Indonesia Tekstil menjawab pertanyaan tentang subject matters dari ikon kreatif bidang Kriya, Joko Avianto. Untuk memberikan jawaban memuaskan, pengusaha batik asal Gresik itu memperkenalkan Damar Kurung. Apakah itu?

“Perkenalkan Mas ini namanya Damar Kurung, dari kata damar itu artinya lampu, kurung itu dikurung. Sebenarnya lampion. Tetapi yang menarik dari kacamata saya dari pembatik adalah kebiasaan orang Gresik untuk menggambar sekeliling Damar Kurung dengan objek sehari-hari. Semuanya digambar secara naïf. Dan ternyata tradisi ini sudah turun-temurun. Orang Gresik memakai ini untuk media pendidikan, dan ini yang harus jadi poin paling kuat,” jawab Nurcholis.

Hasilnya, siapa ya yang kira-kira akan menjadi pemenang di masing-masing kategori Festival Kreatif Lokal Award 2020? Temukan jawabannya saat diumumkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance yang akan disiarkan secara live di Vidio.com.

Para pemenang dari setiap kategori berhak mendapatkan modal usaha senilai total puluhan juta rupiah, business coaching dan pendampingan dari Kemenparekraf RI, serta beragam benefit seru seperti eksposure di media dan juga lapak eksklusif di Bukalapak.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang menjadi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat. Festival ini diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan untuk pelaku UKM tanah air, kamu juga bisa mengunjungi lapak dan membeli produk dari peserta Festival Kreatif Lokal 2020 secara eksklusif di Bukalapak.

Penampilan Manis dari Tiara Andini dan Maliq & D’Essentials

Salah satu momen bahagia di masa pandemi seperti sekarang adalah dengan menyaksikan penampilan dari artis favorit. Kamu yang sangat menggemari sosok anggun Tiara Andini tentu cukup terobati rindunya karena dara manis kelahiran Jember, Jawa Timur, itu menjadi pengisi acara di hari pertama Final Kreatif Lokal Award 2020 pada 18 Oktober 2020 lalu.

Semua pasti larut dalam kebahagiaan saat menyaksikan penyanyi muda berbakat itu membawakan lagu-lagu manis nan romantis seperti 365, Maafkan Aku #TerlanjurMencinta, dan juga Gemintang Hatiku.

Babak Final hari kedua berjalan tak kalah meriah ketika Maliq & D’Essentials menutup acara dengan penuh pesona. Band yang telah berdiri sejak 2002 itu begitu memesona saat menghibur penonton, dewan juri, ikon kreatif dan para peserta dengan beragam single tenar, seperti Senja Teduh Pelita, Memori, Bertemu, dan lain sebagainya.

Bagi-Bagi Hadiah untuk Total 100 Pemenang di Sesi Live Quiz & Live Vote

Rasa bahagia tak hanya dirasakan oleh para peserta yang sukses menembus babak final, perasaan seperti itu juga didapatkan para penonton yang beruntung dalam sesi Live Quiz dan Live Vote. Ada 50 pemenang beruntung yang terpilih pada masing-masing sesi dan berhak memperoleh hadiah spesial.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading