Sukses

Lifestyle

BERANI BERUBAH: Terdampak Pandemi, Wenny Vanilla Makeup Artis sekaligus Beauty Blogger Jalankan Bisnis Minuman dan Selai Sehat

Fimela.com, Jakarta Melalui Instagramnya, Wenny Vanilla yang berprofesi sebagai makeup artist bersertifikat Korea yang juga beauty blogger kerap kali sharing mengenai skincare dan permasalahan kulit kepada para followersnya. Apalagi di saat pandemi jerawat menjadi topik yang populer dirasakan setiap perempuan.

Wenny mengingatkan faktor apa saja yang menjadi penyebab masalah wajah, seperti salah satunya apa yang kita konsumsi sehari-hari. Namun siapa sangka dari situlah, Wenny mendapatkan peluang bisnis di bidangam F&B yaitu minuman dan selai sehat. 

“Aku kerapa kali ngomongin do and don't nya skincare dan apa yang kita konsumsi. Seperti kini tren konsumsi kopi susu literan, padahal tanpa sadar susu jadi penyebab jerawatan,” ujar Wenny kepada Fimela. 

Ia selalu mengingatkan para followers jika susu menjadi penyebab utama jerawat. Perempuan yang memiliki pengikut Instagram sebanyak 42,1k ini pun akhirnya berpikir membuat susu sehat yang terbuat dari cashew atau kacang mende. Dari situlah tercipta Mido yang merupakan minuman sehat cashew milk. 

Untuk melihat pasar, Wenny mulai menjual susu sehatnya di instastory akun pribadinya @wholovesvanilla. Beruntungnya dalam waktu 24 jam respon yang diterima cukup baik. Ia sudah harus close open order karena permintaan yang cukup banyak.

“Mulai pertengahan Juli aku mulai bisnis ini, tapi awal ragu-ragu buat buka Instagram Mido sendiri. Jadi akhirnya aku posting di Instastory Instagram pribadiku, tapi ternyata responnya bagus. 3-4 kali open PO, aku akhirnya buat sendiri Instagram dengan nama @mido.homemade,” tuturnya. 

Wenny mengatakan ia berani mengklaim cashew milknya aman karena tidak mengandung pengawet, dairy free, dan bebas gula. Serta berbagai manfaat yang diberikan oleh cashew.

“Aku pilih cashew ini karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Aku coba-coba berbagai kacang, tapi cashew yang paling sempurna untuk susu karena teksturnya dan rasanya yang cukup creamy, serta cocok dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya seperti kopi atau kurma,” ujarnya.

Untuk menambah asupan nutrisi dalam tubuh, Wenny tak hanya mengedukasi para followersnya dengan konsumsi cashew milk. Melainkan bisa mendapat makan sehat lainnya saat mengonsumsi peanut butter. 

Peanut butter itu bagi untuk diet dan kulit. Tapi kalo yang dipasarankan peanut hanya sedikit. Jadi aku buat selai yang benar banyaknya kacangya dan rendah kalori,” paparnya. 

Mengawali dengan mencoba resep sendiri

Wenny mengatakan jika apa yang dijual apa yang ia makan juga. Untuk resep cashew milk, ia dapatkan dari banyak mencari resep dipencarian online. Ia mengatakan trial and error tentu dialaminya, mulai dari takaran, rasa, tekstur susu, hingga masalah cashew milk yang basi.

"Aku juga belajar berapa lama susu tersebut akan basi, higienis dalam pembuatan, sampai cuci cashewnya. Pernah awal-awal susu sudah basi hari ke-2, jadi aku gantiin yang baru sesuai dengan yang dipesan. Lama-lama lelah, buka cuma karena ruginya tapi waktuku juga pasti tersitakan, sehari bisa 40 botol aku buat belum lagi ditambah yang gantiin. Aku ada waktu sampe hampir seminggu aku coba-coba, akhirnya berhasil bikin tahan lama. Chef Rinrin Marinka pun ngasih input, dan berjasa banget,” tuturnya.

Dari percobaannya tersebut, Mido Cashew Milk pun memiliki rasa original, plain, dan gula aren Gula aren.

Lain halnya dengan peanut butter, Wenny lebih berpengalaman dalam membuatnya. Sudah 4-5 tahun membuat selai sendiri. Dengan rasa creamy Nut, Chunky Nut, dan Coffee Nut.

Pekerjaan terdampak pandemi 

Menjadi beauty blogger dan makeup artis menjadi salah satu pekerjaanya yang sering dilakukan secara offline. Dengan begitu, pekerjaan ini menjadi salah satu terdampak pandemi.

 “Tentu terdampak biasanya kan acaranya offline. Acara program tv juga dihold, tapi syukurnya masih ada kerjasama brand-brand secara virtual,” papar Wenny.

Bisnis F&B yang dijalankan Wenny pun membantu finasial. Bahkan bukan hanya untuk dirinya, melainkan dapat membantu orang lain dalam mencari penghasilan.

“Jadi bisnis ini bisa membuka perekonomian orang lain, jadi lapangan pekerjaan orang lain. Karena tiap hari hampir ada pesan antar ojek online yang pickup daganganku, trus sekarang aku dapat pekerja yang kena lay off karena pandemi,” tuturnya 

Kedepannya, Wenny berharap dapat membuka retail agar mudah dijangkau dan tidak perlu menggunakan ongkos kirim. Untuk melihat lebih lengkap varian rasa dan pemesanan cashew milk dan peanut butter, sahat Fimela dapat melihat Instagram @mido.homemade. Cashew milk dijual dengan dua ukuran, 500ml dan 1 liter dengan kisaran harga Rp45 ribu sampai Rp97 ribu. Sedangkan peanut butter 250gr berkisar dari Rp52 ribu hingga Rp65 ribu

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading