Sukses

Lifestyle

Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka, Kesempatan Terakhir bagi Kamu yang Belum Mendaftar

Fimela.com, Jakarta Komite Cipta Kerja (KCK) melalui Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja gelombang 11 pada Senin (2/11) kemarin, menuturkan keputusan untuk mempertimbangkan tingginya animo masyarakat terhadap program Kartu Prakerja.

Diungkapkan oleh Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tyhatu, menuturkan, gelombang 11 dibuka untuk 400 ribu penerima. “Pendaftaran gelombang 11 yang merupakan gelombang tambahan, dibuka pada hari Senin, 2 November 2020, pukul 12.00 WIB dengan kuota hampir 400 ribu," kata dia seperti dikutip, Selasa (3/11/2020).

Louisa mengatakan, bagi peserta yang sudah pernah mendaftar di situs Kartu Prakerja, dapat langsung bergabung dalam proses seleksi gelombang 11 ini.

Dikutip dari Liputan6.com, awalnya Kartu Prakerja hanya dibuka sampai gelombang 10 dengan target 5,6 juta penerima manfaat. Namun, dalam pelaksanaannya, ada penerima yang terpaksa dicabut kepesertaannya. Sehingga kuota kosong, dan bisa dialokasikan ke gelombang 11.

Pencabutan kepesertaan ini karena peserta tidak melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

Selain itu, peserta juga akan di-blacklist sehingga tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja lagi. Otomatis, saldo bantuan pelatihan akan hangus dan dana dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja. Tercatat, 382.868 penerima kartu prakerja dari gelombang 1-10 telah dicabut kepesertaannya. 

Kartu Prakerja gelombang 11

Sebelumnya, PMO Kartu Prakerja menyebut pendaftaran gelombang 11 akan dibuka pada akhir Oktober lalu. Namun, kepastian tanggal kala itu masih menunggu arahan KCK. Sekaligus menunggu kalkulasi kepesertaan yang hangus sampai dengan gelombang 10 yang ditutup pada 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB. Sehingga pengumuman pembukaan Kartu Prakerja gelobang 11 otomatis dilaksanakan setelahnya.

“Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini, dan bagi mereka yang nanti lolos menjadi peserta jangan lalai untuk langsung melakukan pembelian pelatihan sebelum 30 hari agar kepesertaannya tidak tercabut,” tutur Louisa.

Agar tak ketinggalan, segera kunjungi situs resmi www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mendaftar Kartu Prakerja. Bagi pendaftar yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik ‘Gabung’ ke Kartu Prakerja Gelombang 11 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Cara mendaftar

Sebelum mendaftar Kartu Prakerja, pastikan kamu memenuhi syarat berikut:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun.

3. Tidak sedang sekolah/kuliahㅤㅤ

Cara daftar Kartu Prakerja:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading